Breaking News:

TRIBUN TRAVEL

Inilah Sederet Wisata Alam di Wilayah Dusun Benteng Makmur Kabupaten Tebo, Cara Menuju ke Sana

Berita tebo-Desa Muara Kilis Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo Provinsi Jambi banyak memiliki objek wisata. Salah satunya...

Penulis: Sopianto | Editor: Nani Rachmaini
SOPIAN/TRIBUNJAMBI.COM
Objek wisata goa di Tebo 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA TEBO- Desa Muara Kilis Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo Provinsi Jambi banyak memiliki objek wisata. Salah satunya destinasi wisata Goa Harimau yang ada di Dusun Benteng Makmur.

Disebut Goa Harimau dikarenakan, goa dijadikan tempat harimau menyimpan dari hasil buruannya, dan dibuktikan dengan tulang belulang yang ada di dalam goa. Sampai sekarang harimau masih ada di dalam goa.

Sebelum sampai ke tempat tujuan, Goa Harimau melewati simpang tower dan perkampungan Suka Anak Dalam (SAD). Dan melewati Air Terjun Gajah Mati setelah itu Goa Pelangi dan dibelakangnya terdapat Goa Harimau.

Dalam satu desa terdapat tiga objek wisata. Air terjun, Goa Pelangi dan Goa Harimau berada paling ujung di antara destinasi wisata tersebut.

Tidak hanya itu, di lokasi tersebut juga ditemukan lima buah kolam diameter sekitar 20 meter.

Konon ceritanya kolam ini adalah tempat pemandian gajah. Satu kolam terletak di bawah air terjun dan satunya lagi di atas air terjun. Selainnya kolam ukuran kecil-kecil dengan posisi bertingkat.

Para wisatawan menggunakan mobil dari Simpang Tower Desa Muara Kilis untuk sampai ke tempat parkiran yang telah ditentukan membutuhkan waktu perjalanan sekitar empat puluh lima menit untuk sampai ke Air Terjun Gajah Mati.

Dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju ke Goa Pelangi dan Goa Harimau para wisatawan membutuhkan waktu satu jam perjalanan.

Di sekitaran Wilayah Dusun Benteng Makmur belum disediakan tempat penginapan atau homestay. Jadi para wisatawan bisa menginap di rumah warga setempat.

Warga setempat menyarankan, jika para wisatawan ingin berkunjung ke destinasi wisata harus kordinasi dengan Ketua Hutan Tanaman Rakyat (HTR) yang sudah memahami lokasi dan karateristik wilayah. Karena pada titik tertentu dapat membahayakan para pengunjung.

Pengiat Lingkungan, Oktaviandi Muklis mengatakan, masyarakat di sana sangat senang menyambut para wisatawan yang ingin berkunjung ke sana sambil menikmati indahnya alam yang ada di sekitar wilayah Dusun Benteng Makmur.

Dikatakan Oktaviandi Muklis, pengunjung bukan hanya dari Provinsi Jambi saja dari negara lain juga ada, seperti dari negara Prancis, dan Jepang dalam rangka penelitian SAD.

Dijelaskan Oktaviandi Muklis, destinasi wisata yang ada di Dusun Benteng belum terkenal di kalangan masyarakat Provinsi Jambi.

Padahal di wilayah Dusun Benteng Makmur terdapat tiga objek wisata dan sangat asik dikunjungi, bukan hanya melihat tiga objek wisata, pengunjung bisa melihat langsung kehidupan Gajah, Burung Kuau, Burung Rangkong Gading dan masih banyak lagi.
Tribunjambi.com/Sopianto

Baca juga: Danramil 415-05/Muara Tebo Pantau Langsung Pembekalan Tenaga Kerja Terampil di Muara Kilis

Baca juga: Dinas Peternakan Tebo Menduga Babi Mati di Hutan Muara Kilis Akibat Virus

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved