Breaking News:

Pro Kontra Permendikbud No 30

Dekan Fakultas Hukum Unja: Permendikbud No 30 Tahun 2020 Disusun Bukan dengan Ideologi Pancasila

Berita Jambi-Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi mengesahkan Permendikbud Nomor 30 tahun 2021.

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Nani Rachmaini
TRIBUNJAMBI/SAMSUL BAHRI
Dekan Fakultas Hukum Universitas Jambi, Dr. Usman, S.H., M.H 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI-Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi mengesahkan Permendikbud Nomor 30 tahun 2021.

Aturan ini dibuat dan telah ditandatangani oleh Nadiem Makarim dengan tujuan disebutkannya untuk perlindungan terhadap civitas akademika dalam mewujudkan pembelajaran yang aman.

Namun, Permendikbud ini menuai pro dan kontra karena adanya pasal dalam peraturan tersebut yang menuai diskusi dimasyarakat.

Satu di antaranya Pasal 5 ayat 2 huruf L dan M yang mendapatkan sorotan atau perhatian dari publik di mana disebutkan adanya kalimat "tanpa persetujuan korban".

Terhadap hal ini, Dekan Fakultas Hukum Universitas Jambi, Dr. Usman, S.H., M.H. memberikan tanggapannya terkait dengan Permendikbud tersebut.

Usman menyebut bahwa Permendikbud tersebut dirumuskan bukan dengan Ideologi Pancasila.

"Permendikbud ini sebetulnya diperlukan untuk menjamin ketertiban di kampus. Tujuannya baik tapi cara perumusannya itu menurut pandangan saya ideologinya itu bukan berdasar pada ideologi Pancasila," ungkapnya.

Ia menyebut bahwa ada pasal yang mencantumkan unsur persetujuan korban tersebut menafsirkan bahwa jika korban setuju artinya hal yang dilakukan tersebut bukan merupakan pelanggaran.

"Padahal setuju atau tidak setuju perbuatan amoral itu apalagi dilakukan di kampus itu jelas-jelas merupakan perbuatan asusila yang perlu dilarang dan dicegah. Tapi dengan klausul persetujuan korban itu menjadi tidak masalah nah itu yang problemnya," pungkasnya. (*)

Baca juga: Beranda Perempuan Jambi Nilai Permendikbud Beri Jaminan Korban untuk Ungkap Soal Kekerasan Seksual

Baca juga: Beranda Perempuan Jambi Dukung Aturan Permendikbudristek soal PPKS di Perguruan Tinggi

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved