Breaking News:

Berita Tanjabbar

Memasuki Penghujung Tahun, BPBD Tanjabbar Minta Warga Waspada Banjir Rob

Memasuki penghujung tahun, banjir rob kembali melanda Kuala Tungkal, Tanjabbar. BPBD Tanjabbar imbau warga untuk waspada

Tribunjambi/Danang
Kalak BPBD Tanjabbar Zulfikri 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALATUNGKAL - Memasuki penghujung tahun, banjir rob kembali melanda Kuala Tungkal, Tanjabbar.

Beberapa hari terakhir volume air terus mengalami peningkatan hingga menggenangi sejumlah ruas jalan raya.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Tanjabbar Zulfikri mengungkapkan bahwa wilayah pesisir Tanjabbar memang kerap terjadi banjir rob mengingat kondisi kota Kualatungkal yang berada didataran rendah.

"Memang sering terjadi di Kuala Tungkal setiap tahun pasang besar hingga menggenangi jalan raya namun hanya sekitar tiga jam saja kemudian surut," ujarnya (8/11/2021).

Disisi lain, sejumlah ruas jalan yang tergenang dengan ketinggian sekitar 10-15 cm dijadikan anak-anak sebagai wahana hiburan untuk bermain air. Zulfikri menegaskan agar orang tua waspada dan mengawasi anak-anak yang bermain di genangan banjir rob, dikhawatirkan kembali terjadi insiden hanyut terbawa arus pasang surut bagian parit maupun sungai.

"Malah anak-anak di Kuala Tungkal pada saat musim pasang besar mereka bermain di jalanan, kita minta orang tua untuk lebih waspada dalam mengawasi anaknya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,"tuturnya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak membuang sampah didalam got atau saluran air, sebab dapat menyumbat pembuangan air menuju muara sungai.

"Terkadang kesadaran masyarakat kita juga rendah terhadap sampah, buang sembarangan di got sehingga menyumbat drainase, belum lagi lumpur endapan air pasang menjadi meluap hingga menggenangi jalan dan pemukiman warga,"pungkasnya.

Baca juga: Banjir Rob di Kuala Tungkal Tanjabbar akan Terjadi Hingga Desember Mendatang

Baca juga: Kerap Banjir Rob, Lurah Sungai Nibung Tanjabbar Sudah Usulkan Normalisasi dan Perbaikan Drainase

Baca juga: VIDEO: Detik-detik Banjir Rob Terjang Jalan di Pekalongan, Kendaraan Banyak yang Mogok

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved