Berita Jambi

WAWANCARA EKSKLUSIF Ketua PAN H Bakri dan Untung Rugi Pemilu 2024 Bergeser

Berita Jambi-Tribun Jambi berbincang bersama Ketua DPW PAN Provinsi Jambi H Bakri yang juga merupakan anggota DPR RI dalam program Live Mojok

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Nani Rachmaini
Istimewa
Bakri di acara bincang-bincang dengan Tribunjambi.com 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI-Isu politik menjadi kian hangat diperbincangkan, terlebih memang isu-isu Pilkada akan dilaksanakan di 2024 mendatang.

Pergerakan roda politik semakin kian begerak cepat menyusul keinginan dari masing-masing penguasa partai untuk semakin memperbanyak kehadiran kader partai di setiap lini dari kabupaten, provinsi, hingga RI.

Hal inipula yang dirasakan oleh Partai Amanah Nasional yang khususnya di Provinsi Jambi menjadi pembicaraan menyusul kehadiran Gubernur Jambi terpilih yang berasal dari Partai Amanat Nasional yang sempat "terpuruk".

Terhadap hal ini, Tribun Jambi berbincang bersama Ketua DPW PAN Provinsi Jambi H Bakri yang juga merupakan anggota DPR RI dalam program Live Mojok Tribun Series. Berikut hasil perbincangannya.

PAN pada Pemilu 2024 ini berharap dilaksanakan pada November atau Februari?

Ya kita berharap tetap dilaksanakan sesuai ya, sekitar bulan empat atau lima. Kembali ke normal lah ya,tergantung daripada pemerintah dan kawan-kawan. Sekarang ini memang kawan-kawan di komisi II sedang menggodoknya tapi sampai hari ini belum aada keputusan yang pasti begitu kapannya, karena masih tarik ulur, baik antara KPU dengan Menteri Dalam Negeri.

Apalagi tarik-ulur masalah anggaran ini, saya saya berdoa mudah-mudahan Pemilu tetap berjalan sesuai dengan waktu dan kebiasaan semula, sehingga tidak akan mengganggu pesta demokrasi yang ada. Nah terkait terkait juga dengan pemilu akan datang tentu saya selaku ketua dewan pimpinan wilayah partai, memang menargetkan saya tidak muluk-muluk, kita akan menargetkan bahwa mudah-mudahan kedepan pimpinan DPR Provinsi Jambi mudah-mudahan bisa kita rebut atas kepercayaan daripada masyarakat provinsi Jambi.

Pandangan anda terkait untung rugi bagi partai politik apabila pelaksanaan Pemilu dan Pilkada itu bergeser dari yang seharusnya?

Ya tentu bicara itu, ada untung ada rugi nah sekarang kita pikir kembali kepada penguasa ini, nah partai penguasa siapa tentu juga harus mempunyai kepentingan mereka. Tapi yang jelas bahwa PAN tetap ikut apa yang dikatakan pemerintah, yang jelas kembalikan kepada waktu yang sudah pernah berjalan. Kalau kita lihat beberapa Pilkada umpamanya di Provinsi Jambi ini akan berakhir nanti pada tahun depan ya seperti Muara Jambi, Sarolangun, Kota Jambi nah ini kan tentu akan suasananya lain nah ini kan akan ditarik di tahun 2024.

Tapi bagaimanapun, saya posisi bahwa sejauh itu sesuai dengan amanah daripada undang-undang bahwa PAN akan selalu siap Insha allah. Karena targetkan seluruh Indonesia minimal kita akan merebut kursi DPR RI itu 11 persen. Artinya 64 DPR semua Dapil akan terpenuhi begitu juga kalau diturunkan ke profesi jambi kita punya target tidak muluk-muluk.

Bahwa di setiap Dapil di provinsi Jambi kalau berkeinginan kawan-kawan di setiap Kabupaten kita mempunyai utusan DPR provinsi per kabupaten. Kalau posisi sekarang itu tujuh, kedepannya kita minimal paling kurang itu 10 atau 11.

Karena ada tren naik ini kan, kemarin kan lima atau tujuh, nah tentu kita harus naik. Orang semua tau pak gubernur, Al Haris itu adalah milik masyarakat provinsi Jambi perjuangannya bersama-sama dengan partai amanat nasional, jadi tidak salah kalau ke depan PAN itu dikasih semangat bagaimana juga bisa menjadi pimpinan di pimpinan DPR.

Kita berdoa mudah-mudahan kepemimpinan pak Al Haris di tiga tahun yang singkat ini mudah-mudahan bisa merubah Provinsi Jambi ini kembali menjadi provinsi yang baik tentunya.

Kalau secara nasional kita masuk ke dalam koalisi pemerintah? Dari pihak partai penguasa sendiri sebenarnya keinginan pemilu dilaksanakan kapan?

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved