Breaking News:

Editorial

Gejolak Harga TBS Kelapa Sawit dan Cabai

HARGA cabai dan harga TBS kelapa sawit sedang tinggi-tingginya.Sejak 2019 hingga 2021 ini harga TBS kelapa sawit di Provinsi Jambi cenderung stabil

Editor: Deddy Rachmawan
istimewa
Dampak Harga Sawit Naik, Petani di Batanghari Borong Kendaraan Hingga Membangun Rumah 

HARGA cabai dan harga TBS kelapa sawit sedang tinggi-tingginya. Sejak 2019 hingga 2021 ini harga TBS kelapa sawit di Provinsi Jambi cenderung stabil di kisaran Rp1.900 per kilogram. Namun kini, harganya naik hingga saat ini lebih Rp3.100 per kilogram.

Petani sawit sedang meraup untung berlipat. Tak hanya bagi petani, stakeholder terkait sawit hingga industri hilirnya ikut mengecap legitnya harga tandan buah segar (TBS) yang terus menjulang saat ini. 

Minusnya, emak-emak (ibu rumah tangga) dan pedagang yang mengandalkan minyak goreng sebagai bahan baku utama harus menambah anggaran untuk membeli bahan penggoreng ini.

Sebenarnya, jika hanya satu item sembako yang harganya melambung mungkin IRT masih bisa mengakali.  Sayangnya harga cabai ikut bergerak naik.

Dan jangan bermain-main dengan cabai, komoditas yang hampir selalu ada di meja makan orang Sumatera ini telah memosisikan Kota Muara Bungo dan Kota Jambi di urutan satu dan dua inflasi tertinggi se-Sumatera di bulan Oktober lalu.

Berbulan-bulan harga cabai stabil di harga relatif terjangkau, Rp10 ribuan hingga Rp20 ribuan bahkan sejak tahun lalu. 

Lebaran Idul Fitri dan Idul Adha, Natal dan tahun baru bahkan Imlek yang dianggap momen melambungnya harga cabai, kurun dua tahun belakang justru tak berkutik.  Cabai tetap di harga normalnya, jikapun naik masih bisa dikatakan dalam jangkauan kantong IRT.

Namun saat ini harga cabai melambung hingga lebih Rp60 ribuan per kilogram. 

Mari berpikir positif saja, karena di baliknya stabilnya harga cabai selama ini, ada keluhan dari petani cabai yang ingin penghasilannya bisa melejit kembali meski hanya momen-momenan.

Apalagi, tingginya harga sawit menyehatkan kantong petani, nilai tukar petani terus meningkat. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved