Breaking News:

Tips Kesehatan

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami, Ubah Kebiasaan Makan dan Konsumsi Banyak Serat

untuk menurunkan kolesterol secara alami perlu mengubah kebiasaan makan. Lemak jenuh biasanya ditemukan dalam minyak kelapa sawit dan minyak kelapa.

Editor: Nurlailis
dansulin.co.id
Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami 

TRIBUNJAMBI.COM - Cara tepat untuk menurunkan kolesterol secara alami adalah mulai dengan mengganti lemak tidak sehat (jenuh) dengan lemak sehat (tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda).

Ahli jantung preventif Leslie Cho, MD, menyarankan kita harus menjadi pembaca label makanan.

“Sangat penting untuk membatasi asupan lemak jenuh. Seharusnya, tidak ada lebih dari dua gram lemak per porsi dan itu harus mencakup kurang dari tujuh persen dari asupan kalori harian,” tambah dia.

Lemak jenuh biasanya ditemukan dalam minyak kelapa sawit dan minyak kelapa, atau produk hewani seperti daging sapi, daging babi, kulit ayam, hot dog, dan keju.

Selain mengubah kebiasaan makan, berikut cara yang disarankan Dr. Cho untuk menurunkan kolesterol secara alami.

1. Tingkatkan konsumsi serat

Menurut Dr. Cho, idealnya, seseorang harus mendapatkan 25-35 gram serat per hari. Sebab, serat membantu mengikat kolesterol dan menghilangkannya dari tubuh.

Untuk meningkatkan asupan serat, makanlah lebih banyak biji-bijian, kacang-kacangan seperti kacang-kacangan dan lentil, sayuran, serta buah-buahan.

Kandungan di dalam bahan makanan tersebut bermanfaat untuk menurukan kolestereol dari serat larut dan manfaat kesehatan usus yang lebih terjaga dari serat tak larut.

Menurunkan kolesterol juga bukan satu-satunya manfaat mendapatkan cukup serat loh.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved