Breaking News:

Berita Sarolangun

Pemkab Sarolangun Serahkan 105 Sertifikat TORA ke Trans Suku Anak Dalam Desa Spintun

Pemerintah Kabupaten Sarolangun menyerahkan 105 sertifikat Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) kepada warga Dusun III Trans SAD (Suku Anak Dalam) Desa

Penulis: Rifani Halim | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Rifani
Pemkab Sarolangun menyerahkan 105 Sertifikat Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) kepada warga Dusun III Trans SAD (Suku Anak Dalam) Desa Sepintun, Kecamatan Pauh, Kabupaten Sarolangun pada Selasa, (26/10/2021). 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Pemkab Sarolangun menyerahkan 105 Sertifikat Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) kepada warga Dusun III Trans SAD (Suku Anak Dalam) Desa Sepintun, Kecamatan Pauh, Kabupaten Sarolangun pada Selasa, (26/10/2021).

Bupati Sarolangun Cek Endra mengatakan, penyerahan Sertifikat TORA merupakan kali pertama untuk pelepasan hutan produksi, menjadi sertifikat yang diserahkan kepada masyarakat kawasan Suku Anak Dalam di Kabupaten Sarolangun.

"Hari ini kita melalui BPN menyerahkan lansung Sertifikat TORA yang mana dari 75 Hektar jatah Kabupaten Sarolangun, hari ini kita serahkan lebih kurang 23 Hektar, yang terdiri dari 105 Sertifikat yang diserahkan kepada 105 KK untuk Desa ini. Dan rata-rata untuk 1 sertifikat itu luasnya lebih kurang 2.000 M atau 20 tumbuk," kata Bupati.

Dia menyebutkan, dengan adanya bantuan BPN ini tentu sangat memberikan manfaat kepada masyarakat Sarolangun khususnya Warga SAD yang berada dalam kawasan hutan produksi.

Mengingat sudah adanya legalitas tanah atau lahan perkebunan masyarakat tersebut.

Kedepan tak hanya di Desa Spintun upaya Sertifikat TORA juga akan dikembangkan diwilayah-wilayah lainnya dalam Kabupaten Sarolangun.

"Nanti ini bisa dikembangkan, karna banyak wilayah yang seperti ini, baik di Air Hitam, Limun dan wilayah-wilayah lainnya, banyak kita temuii masyarakat yang diam di hutan produksi, yang ternyata bisa diurus dengan sistem Sertifikat Tanah Objek Reforma Agraria ini," katanya lagi.

Cek Endra menegaskan bahwa dirinya sengaja meluangkan waktu untuk dapat menyerahkan sertifikat TORA secara lansung kepada warga trans SAD.

"Khusus untuk trans SAD saya ingin menyampaikan sendiri, kenapa, karna ini mungkin pertama di Provinsi Jambi diberikan kepada kawasan SAD, sertifikat dari hutan produksi, dan mudah mudah ini menjadi tolak projek dari pihak BPN untuk memperhatikan daerah-daerah seperti ini," ungkapnya.

Sementara itu, penyerahan sertifikat itu juga dihadiri Wakil Bupati Sarolangun Hillallatil Badri, Para Kepala Opd, Kepala BPN Sarolangun, Camat Pauh, Kades Spintun dan warga Dusun III Trans SAD (Suku Anak Dalam) Desa Spintun.

Baca juga: Prodi Farmasi dan Mapala Kalpatariks Unaja Lakukan Ekspedisi Hutan Adat Suku Anak Dalam

Baca juga: Jasa Raharja Cepat Tanggap Serahkan Santunan Kecelakaan Suku Anak Dalam

Baca juga: Suku Anak Dalam di Sarolangun Jambi Masih Enggan Untuk Divaksin Covid-19

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved