Breaking News:

Miris, Begini Kondisi Terminal Pembengis Sejak Diambil Alih Dishub Provinsi Jambi

Kondisi terminal Pembengis di Kuala Tungkal, Tanjab Barat terbengkalai setelah tidak difungsikan untuk angkutan penumpang lagi. 

Penulis: Danang Noprianto | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Danang
Kondisi terminal Pembengis di Kuala Tungkal, Tanjab Barat terbengkalai setelah tidak difungsikan untuk angkutan penumpang lagi.  

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Kondisi Terminal Pembengis di Kuala Tungkal, Tanjab Barat terbengkalai setelah tidak difungsikan untuk angkutan penumpang lagi. 

Terlihat loket yang tidak beratap karena sudah runtuh, halaman depan sudah ditumbuhi rumput liar dan terendam air. Sementara atap di lantai dua terlihat akan runtuh.

Menanggapi hal ini, Kepala Dishub Tanjabbar mengatakan saat ini pengelolaannya sudah diambil alih oleh Dishub Provinsi Jambi.

"Sejak dikeluarkannya UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang salah satunya mengatur hal ini, kewenangan terminal sudah diambil oleh Pemprov Jambi melalui dishub Provinsi," ujarnya, Selasa (26/10/2021).

Ia mengatakan pengambil alihan ini karena Terminal Pembengis masuk dalam terminal tipe B, yaitu antar kabupaten/kota di Provinsi Jambi, karena mengankut penumpang dari Tungkal ke Jambi dan ke kerinci, dan itu merupakan kewenangan dari provinsi.

Ia melanjutkan sejak dialihkan ke provinsi, aktivitas angkutan penumpang memang terhenti di terminal.

"Aktivitas di terminal ini sejak dialihkan dari kabupaten ke provinsi memang sedikit vakum, bisa dilihat bangunannya sudah rusak dan atapnya saja sudah rubuh, dan bangunan udah banyak yang rusak, sehingga bisa dikatakan aktivitas angkutan penumpang vakum," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan sebenarnya Pada APBD Perubahan tahun 2020 Provinsi Jambi menganggarkan perbaikan, namun belum maksimal.

"Sempat ada perbaikan namun belum maksimal, perbaikan yang dilakukan hanya sebagian." ujarnya lagi.

Baca juga: Dugaan Jual Beli Jabatan di Tanjab Barat Mencuat, Agus Sumantri: Itu Tidak Benar

Baca juga: DPRD Tanjab Barat Gelar Vaksinasi Massal Dosis II, 700 Orang Disuntik Dosis Pertama

Karena tidak difungsikan sebagaimana terminal, ia mengatakan saat ini hanya difungsikan untuk aktivitas bongkar muat barang dari dan keluar Kota Kuala Tungkal di bagian belakang, selain itu juga untuk parkir kendaraan dan istirahat.

Lanjutnya, untuk sementara aktivitas angkutan penumpang dilakukan di Pasar Tungkal.

"Agen membuka loket di pasar tungkal, di sekitar masjid raya, di sekitar swalayan asean, karena kondisi terminal kita tidak layak, sehingga agen-agen membuka loket di pasar," ujarnya.

Ia mengatakan rencana kedepannya dari Dishub Provinsi dan Dishub Tanjabbar akan kembali memfungsikan lagi sebagaimana fungsi terminal untuk menaikan dan menurunkan penumpang. 

"Jadi kedepannya akan difungsikan kembali, kendaraan angkutan penumpang sebelum masuk ke tungkal wajib turun di terminal, nanti ada mobil angkutan kota menuju pasar, kita ada terminal tipe c," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved