Breaking News:

Berita Tanjabtim

Kecamatan Muara Sabak Timur Tanjabtim Perkenalkan Aplikasi Samara Berdua

Kecamatan Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjabtim membuat terobosan mempermudah dokumen pernikahan bagi para caten, melalui Aplikasi Samara Berdua.

Tribunjambi/Abdullah Usman
Kecamatan Muara Sabak Timur Tanjabtim Perkenalkan Aplikasi Samara Berdua 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Kecamatan Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjabtim membuat terobosan mempermudah dokumen pernikahan bagi para caten, melalui Aplikasi Samara Berdua.

Aplikasi yang diberi nama Samaran Berdua, merupakan singkatan dari Sah Menikah Administrasi Berkependudukan Aman. Bertujuan untuk membantu pelayanan administrasi kependudukan bagi calon pengantin agar lebih mudah.

Pelaksanaan aplikasi ini, bekerja sama antara Kecamatan Muara Sabak Timur, KUA Muara Sabak, dan Disdukcapil Tanjung Jabung Timur. Yang sudah digagas sejak tahun 2019 lalu.

Dikatakan Camat Sabak Timur Zul Faisal, usai kegiatan sosialisasi tersebut menuturkan, pada hari ini kita mencoba memperkenalkan sebuah aplikasi yang nantinya diharapkan dapat membantu para Calon Pengantin (Caten) dalam mengurus status pernikahan di KTP dan Juga penerbitan KK baru.

"Selama ini banyak kita dapati, masyarakat yang sudah menikah namun data kependudukan atau status KTP mereka masih lajang, ataupun mahasiswa, juga KK mereka banyak yang masih bergabung pada KK ibu bapak mereka bum merubah ke Dukcapil, " ujarnya.

"Seharusnya itu tidak boleh lagi, selain akan mempersulit bagi pasangan itu sendiri kedepannya juga bagi orang tua mereka yang masih memiliki KK Satu, " tambahnya.

Berdasarkan penelusuran pihaknya, permasalahan yang banyak ditemukan di lapangan ini dikarenakan banyak masyarakat yang terkendala Terkait urusan administrasi ataupun penyaluran bantuan. Disebabkan mereka belum memiliki satu-satunya kependudukan terbaru sesuai satu-satunya mereka saat ini.

"Untuk itu, kami Kecamatan Sabak Timur bersama Kemenag berupaya bagaimana masyarakat kita setelah mereka selesai ijab kabul pengantin langsung mendapatkan buku nikah, status KTP terbaru dan KK terbaru pula, " jelas Zul Faisal.

Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat juga terbilang mudah tidak harus mengantar berkas cukup melalui aplikasi. Sehingga memudahkan mereka.

Untuk diketahui, selain Status KTP para caten yang diubah juga, KK masing masing pihak keluarga mempelai juga berubah. Jadi otomatis semua berubah dan tidak menyulitkan mereka.

"Jadi dalam satu aplikasi tadi ada 5 data yang diubah secara otomatis, pertama status KTP masing masing caten, kemudian KK baru Caten dan KK kedua orang tua mempelai, " jelasnya.

Sementara itu, KUA Sabak Timur Sumardi, menyambut baik program tersebut dan para calon pengantin dapat membina bahtrah rumah tangga mereka dengan baru dan dokumen yang baru pula.

"Kita mendukung penuh program ini semoga dapat berjalan lancar sesuai harapan, " pungkasnya.

Dalam pelatihan ini, diikuti para Kades, Lurah perangkat desa dan Operator Desa Kelurahan. Yang sejatinya menjadi tumpuan untuk berjalannya program aplikasi Samara Berdua tersebut.

Baca juga: Hati-hati Melintasi Jalan dari Arah Jembatan Muara Sabak Tanjabtim, Ada Lubang Besar

Baca juga: Tersesat di Pusat Kota Muara Sabak, Truk Semen Tabrak Kabel Indohome, Dua Orang Terjatuh

Baca juga: Wansif GM Pelindo Cabang Jambi Cheppy Rymeta Atmadja, Mengintip Masa Depan Pelabuhan Muara Sabak

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved