Breaking News:

Wawandara Eksklusif

Wansif GM Pelindo Cabang Jambi Cheppy Rymeta Atmadja, Mengintip Masa Depan Pelabuhan Muara Sabak

Berita Jambi-PT Pelabuhan Indonesia ( Persero) Cabang Jambi dalam beberapa bulan kedepan akan mengaktifkan kembali Pelabuhan Muara Sabak

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Nani Rachmaini
ISTIMEWA/DOc PT PELINDO II CABANG JAMBI
Dua jenis kapal berbeda, kapal tongkang dan kapal kayu tengah sandar di Pelabuhan Samudra Muara Sabak. Kapal kayu memuat kebutuhan konsumtif seperti sembako, pupuk, dan semen. Sementara kapal tongkang memuat komoditas batu bara untuk kebutuhan PLTU di Pulau Jawa dan Kalimantan. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI-PT Pelabuhan Indonesia ( Persero) Cabang Jambi dalam beberapa bulan ke depan akan mengaktifkan kembali Pelabuhan Muara Sabak.

Tribun Jambi melakukan wawancara ekslusif bersama General Manager PT pelabuhan indonesia Persero cabang Jambi, Cheppy Rymeta Atmadja.

Berikut hal-hal yang diungkapkan oleh Cheppy Rymeta Atmadja dalam wawancara ekslusif tribun jambi.

1. Untuk perubahan besar di Muara Sabak. Kalau bisa dijelaskan soal kondisi dulu, kemudian berbagai standar yang harus diperbaiki dulu dan mungkin langkah-langkah dari Pelindo?

Untuk tahap awal mungkin yang paling sederhana untuk proyek Perintis itu ya salah satunya ya untuk di pelabuhannya sendiri itu kita bisa menyiapkan minimal requirement nya dulu lah, jadi kebutuhan minimal untuk satu pelabuhan bisa melakukan kegiatan kontainer misalkan di sana jadi berarti harus disediakan alat-alat bongkar muat.

Mungkin masalah pergudangan nya gitu kan juga, kemudian ada terkait masalah nanti ada terkait kebutuhan untuk tenaga kerja bongkar muat.

Jadi memang kita lagi petakan dari sisi kami. Saya sampaikan bahwa kita ini enggak bisa kerja sendiri, kita harus bisa menggandeng pemerintah khususnya. Jadi kami dengan pemerintah Tanjung Jabung Timur khususnya, Pak bupatinya beliau sangat support sekali gitu ya untuk untuk rencana pengembangan Muara Sabak ini.

Kami sangat terbantu nanti dari pihak pemerintah itu yang mungkin mereka lebih aktif ya karena mereka mempunyai peran dan tanggungjawab bisa untuk memajukan perekonomian di sana.

Jadi saya lihat mereka sekarang lagi gencar-gencarnya justru dari pemerintah yang akan bergerak, mencari shipping lainnya yang akan menjemput cargonya, kemudian mereka mencari mungkin masalah pendanaannya bahkan sampai ke infrastruktur.

Infrastruktur pun kalau tidak salah mereka juga sudah merencanakan kalau tidak salah April 2022 ini sudah ada jalan yang layak untuk dilalui truk kontainer, kendaraan berat gitu. Jadi ibaratnya ini sudah cukup gregetnya dari pemerintah ini sudah mulai kelihatan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved