Breaking News:

Manfaat Oatmeal

Mana yang Lebih Baik Antara Oatmeal dan Nasi?

Oatmeal adalah biji-bijian sumber karbohidrat yang sifatnya merupakan whole grain, sementara nasi putih termasuk dalam kategori refined grain.

Editor: Nurlailis
Shutterstock/Vladislav Noseek
Nasi Vs Oatmeal 

TRIBUNJAMBI.COM – Nasi dan oatmeal berasal dari dua jenis tanaman berbeda, nasi dari tanaman padi sedangkan oatmeal dari tanaman haver.

Oatmeal adalah biji-bijian sumber karbohidrat yang sifatnya merupakan whole grain, sementara nasi putih yang biasa kita konsumsi bisa termasuk dalam kategori refined grain.

Perlu diketahui biji-bijiian sumber karbohidrat pada umumnya memiliki 3 komponen yang penting yang disebut endosperma, germ dan bran.

Pada biji-bijian whole grain, pengolahannya lebih sederhana sehingga ketiga komponen di atas tetap utuh terkandung dalam biji sereal.

Sedangkan pada refined grain, pengolahannya lebih banyak sehingga menghilangkan dua dari tiga komponen penting tadi dengan hanya menyisakan endosperma.

Pada oatmal, meskipun mengalami proses penggilingan, kandungan germ dan bran di dalamnya ternyata masih dapat terkandung.

Biasanya makanan oatmeal memiliki tekstur yang lembut dan sangat mudah lumer.

Baca juga: Manfaat Oatmeal untuk Mengatasi Eksim Kulit, Rendaman Oatmeal Bisa Mencegah Eksim Kambuh

Oatmeal sendiri banyak digunakan sebagai menu sarapan dan juga sebagai snack.

Sedangkan, nasi sebetulnya bisa masuk pada dua kategori, whole grain dan refined grain, bergantung pada jenis nasi itu sendiri.

Beras merah adalah jenis nasi yang termasuk dalam kategori whole grain karena pengolahannya lebih sederhana.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved