Breaking News:

PDIP Bereaksi, Gibran Lebih Pilih Puji Anies Baswedan Dibanding Jokowi

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah menanggapi pujian Wali Kota Solo Gibran Rakabumi kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

KOMPAS.com/LABIB ZAMANI
Wali Kota Solo Gibran Rakabumi memuji Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dianggap berhasil menekan penyebaran Covid-19 di Ibu Kota.  

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA -  Wali Kota Solo Gibran Rakabumi memuji Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dianggap berhasil menekan penyebaran Covid-19 di Ibu Kota. 

Pujian Gibran ini kemudian ditanggapi Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah.

Menurutnya, keberhasilan Anies menangani Covid-19 di Ibu Kota tak terlepas dari peran serta Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun, kata dia sikap Gibran yang lebih memuji Anies ketimbang membanggakan Presiden Jokowi itu patut ditiru. 

"Dalam filosofi kepemimpinan jawa, akan dianggap wagu atau kurang etis kalau kita memuji-muji diri sendiri atau keluarga kita sendiri, sehingga pujian sukses penanganan Covid 19 itu diarahkan kepada Gubernur DKI," ujar Ahmad seperti dikutip dari situs mpr.go.id, Kamis (16/9/2021). 

Ia mengatakan, Gibran lebih memilih kinerja dari ayahnya itu lebih baik dinilai langsung oleh rakyat Indonesia. 

"Tapi Gibran menyerahkan penilaian keberhasilan sukses Presiden Jokowi dalam mengatasi pandemi global Covid 19 tersebut kepada rakyat," kata Basarah.

Meski begitu, dengan adanya pujian Gibran secara tersirat Anies diharapkan bisa bersikap adil dan jujur untuk mengakui kesuksesan kepemimpinan Presiden Jokowi dalam mengatasi pandemi Covid 19 di Tanah Air, termasuk di Jakarta. 

"Sikap pemimpin yang jujur dan obyektif seperti itu sangat penting sebagai sarana pendidikan politik rakyat dan memperkuat etika kehidupan berbangsa dan bernegara kita," ujarnya.

Baca juga: PKB Peringatkan PAN: Jangan Paksa Presiden Jokowi

Baca juga: 10 Mahasiswa Ditangkap Polisi Saat Jokowi Kunjungi UNS di Solo, Ini Kata Aktivis HAM

Baca juga: Saat Megawati Soekarnoputri Cerita Capek Menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan, Tapi Selalu Dipilih

Wakil Ketua MPR itu menyebut, sukses pembangunan nasional memang harus ada gotong royong antara pemerintah pusat dan daerah. Sehingga, program kerja dari pusat dan daerah bisa berjalan sesuai dengan cita-cita untuk memajukan Indonesia.  

"Saya juga tidak melihat pujian Gibran kepada Anies karena dia punya motif untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta tahun 2024 yang akan datang karena baik Gibran maupun PDIP sendiri sebagai partai tempat Gibran bernanung masih fokus untuk membantu Presiden Jokowi untuk berjuang mengatasi pandemi global Covid 19," ujarnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved