Breaking News:

nasional

Ganjar Ajak Warga Jaga Tren Positif, Jateng Terbebas dari PPKM Level 4

Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah mengajak segenap warganya untuk menjaga tren positif penanganan Covid-19. Jawa Tengah sudah bebas PPKM Level 4.

Editor: Hendri Dunan
ist
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tetap menaikan UMP di Tahun 2021 

TRIBUNJAMBI.COM, SEMARANG - Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah mengajak segenap warganya untuk menjaga tren positif penanganan Covid-19. Wilayah Jawa Tengah saat ini sudah bebas dari pembelakukan PPKM level 4.

Dalam pengumuman perpanjangan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 13 September 2021, seluruh wilayah di Jawa Tengah tidak ada lagi yang masuk dalam level 4. Sebanyak 35 kota dan kabupaten di Jawa Tengah kini berstatus PPKM level 3 atau 2.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan, daerahnya terbebas dari PPKM level 4 karena ada tren positif dalam penanganan Covid-19.

Baca juga: Jawaban Ganjar Pranowo Ketika Ditanya Anak-anak Kapan PPKM Darurat Berakhir

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam upaya menekan laju penularan wabah ini. Namun, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu berharap capaian ini tidak menimbulkan euforia. "Jangan euforia dulu, tetap dijaga semuanya. Kondisi yang makin turun dan makin baik ini mari kita jaga, agar kita sampai ke garis finis dengan aman dan selamat," kata Ganjar dalam keterangan tertulisnya.

Dengan tidak adanya lagi daerah yang masuk dalam kategori PPKM level 4, Ganjar meminta kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas dimulai.

Hanya saja, dia mengingatkan agar protokol kesehatan diterapkan secara baik. Para orang tua siswa diminta untuk antar jemput sekolah anak-anaknya agar selamat dalam melaksanakan PTM.

"Yang sekolahnya deket, jalan kaki saja kalau perlu naik sepeda. Pak Polisi saya mohon maaf, banyak anak SMA yang naik motor tapi tidak punya SIM, mungkin sementara bisa diizinkan. Tapi kalau orang tuanya lebih arif, sebaiknya diantar," ucapnya.
Ganjar turut mengizinkan ASN di seluruh Jateng untuk izin antar jemput anak sekolah agar anak-anak bisa selamat dalam pelaksanaan PTM itu.

Baca juga: Hanya Ganjar Pranowo yang Sanggup Tandingi Prabowo, Voxpol Center Tunjukkan Peluang Anies dan Puan

Selain itu, tempat wisata akan diminta untuk menggelar uji coba sebelum kembali beroperasi. Pembukaan kembali tempat wisata akan berada dalam pengawasan anggota TNI dan Polri.

"Pengelola pariwisata juga saya minta tanggung jawabnya, kalau enggak siap jangan. Kalau mau buka, harus uji coba dulu dan lapor. Jangan sampai ceroboh, karena bisa bahaya," tegasnya.

Sebagai informasi, wilayah kabupaten dan Kota dengan kriteria level 2 itu yakni Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Tegal, Kabupaten Rembang, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pati, Kabupaten Kudus, Kota Semarang, Kota Pekalongan, Kabupaten Kendal, Kabupaten Semarang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Jepara, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Blora, Kabupaten Batang dan Kabupaten Demak.

Sedangkan, level 3 yakni Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Sragen, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kota Tegal, Kota Surakarta, Kota Salatiga, Kabupaten Klaten, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes dan Kabupaten Boyolali. (kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jateng Terbebas dari PPKM Level 4, Ganjar: Jangan Euforia"

Baca juga: Sahabat Ganjar Deklarasi Serentak 51 Kota Termasuk di Jambi, Dukung Ganjar Pranowo Maju di Pilpres

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved