Breaking News:

Hanya Ganjar Pranowo yang Sanggup Tandingi Prabowo, Voxpol Center Tunjukkan Peluang Anies dan Puan

Lembaga survei Voxpol Center merilis hasil surveinya terkait kandidat paslon yang berpotensi maju dalam Pilpres 2024 mendatang.

Tribunnews/Dany Permana
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga survei Voxpol Center baru saja merilis hasil surveinya terkait kandidat paslon yang berpotensi maju dalam Pilpres 2024.

Voxpol kemudian melakukan simulasi paslon, totalnya enam simulasi dengan tiap simulasi menghadirkan tiga paslon.

"Simulasi tiga pasang capres-cawapres 2024, ini kita buat simulasi yang saya bilang tadi, kita berkeinginan tidak bipolar tapi multipolar, jadi ada 3 paslon presiden dan itu misi agenda kita," kata Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago, saat rilis survei secara daring, Sabtu (3/7/2021).

Adapun dari keenam simulasi itu, setiap kali Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto maju atau masuk dalam nama paslon yang disebutkan, maka dirinya akan menang dengan siapapun pasangannya.

"Prabowo Subianto (23,0 persen), Ganjar Pranowo (22.7 persen), dan Anies Baswedan (19,8 persen) masih unggul bila dibandingkan dengan kandidat yang lain," tutur Pangi.

Meski demikian, Pangi menegaskan hanya ada dua kandidat yang relatif kuat dalam enam simulasi yang dilakukan oleh Voxpol Center.

Keduanya yakni Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Data ini menegaskan bahwa hanya ada dua kandidat yang relatif kuat sebagai calon presiden saat ini, yakni Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Data ini juga menunjukkan bahwa belum ada capres berpotensi besar sebagai presiden 2024 jika pilpres dilakukan saat survei, selisihnya masih cukup kompetitif dan masih di angka range margin of error," ungkap Pangi.

Baca juga: Rachmawati Soekarnoputri Putri Bung Karno Meninggal Dunia, Kata Sandiaga Uno yang Pernah Bersama

Adapun simulasi yang pertama adalah jika Pilpres 2024 diikuti paslon Prabowo-Puan, Anies-AHY, dan Ridwan Kamil-Sandiaga.

Hasilnya, Prabowo-Puan memperoleh elektabilitas 26,5 persen. Sementara Anies-AHY 24,2 persen dan Ridwan Kamil-Sandiaga 21,8 persen.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved