Breaking News:

Kasus Corona di Kerinci

Masih Ada Desa di Kerinci Belum Maksimal Manfatkan 8 Persen Dana Desa untuk Penanganan Covid-19

Berita Kerinci-Realisasi anggaran Covid-19 sebanyak delapan persen dari dana desa, dinilai masih belum digunakan secara maksimal

Penulis: Herupitra | Editor: Nani Rachmaini
Dok/Manado Tribunnews
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Realisasi anggaran Covid-19 sebanyak delapan persen dari dana desa, dinilai masih belum digunakan secara maksimal di Kabupaten Kerinci.

Bahkan, beberapa item yang diperuntukkan penanganan Covid-19 seperti membagikan masker, hand sanitizer dan penyemprotan disinfektan masih ada yang belum dilaksanakan.

"Desa kami penyemprotan dari bulan Januari sampai Agustus 2021 ini baru satu kali, begitu juga dengan masker dan hand sanitizer tidak ada dibagikan ke masyarakat," ungkap salah seorang warga Kerinci yang minta desanya dirahasiakan.

Padahal, di beberapa desa dalam Kabupaten Kerinci ada yang membagikan masker bagi warga satu kotak, begitu juga hand sanitizer.

"Tapi desa kami tidak ada dibagikan itu," ucapnya.

Kepala Dinas Pemerintahan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat (PMPD) Kerinci, Sahril Hayadi, meminta seluruh desa di Kerinci untuk bisa memanfaatkan anggaran 8 persen dari dana desa untuk penanganan Covid-19 secara maksimal.

Menurutnya, anggaran tersebut wajib digunakan untuk mendukung langkah pemerintah dalam menangani penyebaran Covid-19 di Kerinci, yang pemanfaatannya juga digunakan untuk pelaksanaan PPKM di Kerinci.

"Jangan main-main dengan dana tersebut, seperti halnya dana desa tersebut harus benar-benar digunakan dengan baik," tegasnya.

Pemerintah desa di Kerinci, lanjutnya bisa memanfaatkan dana tersebut untuk pengaktifan pos PPKM dan sejumlah kegiatan lainnya yang mendukung pencegahan Covid-19.

"Kita akan pantau terus pemanfaatan dana ini, agar masyarakat bisa mendapatkan dampak baik dari dana tersebut. Semoga Covid-19 bisa berlalu di Kerinci dan indonesia," harapnya. (*)

Baca juga: Longsor Merangin, Jalan Lintas Bangko-Kerinci Lumpuh

Baca juga: Pesona Pulau Tengah Kerinci, Bagaikan Permata yang Tersembunyi

Baca juga: Nikmatnya Madu Trigona di Pulau Tengah Kerinci

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved