Breaking News:

Masker Transparan Jadi Solusi Difabel Komunikasi Saat Pandemi Covid-19

Masker transparan jadi salah satu solusi agar penyandang tunarungu tetap bisa berkomunikasi saat pandemi Covid-19.

Penulis: Nurlailis | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Nurlailis
Masker transparan jadi salah satu solusi agar penyandang tunarungu tetap bisa berkomunikasi saat pandemi Covid-19. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Masker jadi kendala besar bagi penyandang tunarungu berkomunikasi. Sementara saat pandemi Covid-19 semua orang diwajibkan menggunakan masker.

Ketua DPP Gerkatin (Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia) Provinsi Jambi, Angga Nikola Fortuna mengatakan teman tuli berkomunikasi dengan membaca gerak bibir lawan bicaranya.

Salah satu solusi agar teman tuli bisa berkomunikasi saat pandemi adalah dengan menggunakan masker transparan.

“Masker transparan memang agak mahal. Sekarang kami membutuhkan masker transparan agar bisa mengerti ucapan lawan bicara tanpa buka masker,” ungkap Angga dalam Diskusi “Suara Teman Tuli dan Problematikanya”, Sabtu (28/8).

Angga juga mengungkapkan persoalan vaksin yang dihadapi teman tuli. Banyak teman tuli yang belum melakukan vaksin karena takut dan butuh pendampingan untuk melakukan vaksin.

“Sampai sekarang PPKM, teman tuli baru sadar sendiri. Sulit untuk mendapatkan kerja karena harus ada sertifikat vaksin,” ujarnya.

Persoalan kerja juga jadi permasalahan bagi teman tuli padahal ada banyak potensi dari teman tuli yang berguna dalam dunia kerja. Tidak banyak perusahaan yang mau mempekerjakan teman tuli sementara usaha saat pandemi pendapatannya menurun.

Salah satu cafe yang mempekerjakan teman tuli di Jambi ada Kopi Ketje yang berada di kawasan Jelutung.

Heny, selaku owner Kopi Ketje Jambi mengaku memang butuh waktu untuk mempekerjakan teman tuli di cafe miliknya terlebih masalah komunikasi.

Baca juga: Bangung Sensitivitas pada Disabilitas, Jurnalis Perempuan di Kota Jambi Belajar Bahasa Isyarat

Namun baik karyawan ataupun teman tuli bisa sama-sama saling belajar hingga akhirnya masalah komunikasi tidak jadi halangan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved