Breaking News:

Ternyata Ini Alasan Pemerintah Muarojambi Tak Mau Pinjam Dana ke Pihak Ketiga

Hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Muarojambi belum pernah melakukan pinjaman dana ke pihak ketiga, ternyata ini alasannya.

Penulis: Hasbi Sabirin | Editor: Teguh Suprayitno
tribunjambi/hasbi sabirin
Pj Sekda Muarojambi Azrin. 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI-Kabupaten Muarojambi selama ini belum pernah mengalami kekurangan anggaran dan tidak pernah melakukan pinjaman dari pihak ketiga seperti PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

Untuk diketahui, PT SMI adalah salah satu Special Mission Vehicles (SMV) di bawah Kementerian Keuangan yang bergerak di bidang pembiayaan dan penyiapan proyek infrastruktur.

Seperti yang disampaikan oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Muarojambi Azrin, ketika dikonfirmasi mengatakan Kabupaten Muarojambi mudahan tidak mengalami defisit anggaran.

Itulah sebabnya mereka tidak melakukan peminjaman dana dari PT SMI.

Kata Azrin, walaupun Kabupaten Muarojambi tidak memiliki dana yang terlalu besar, namun antara pendapatan dan belanja daerahnya cukup berimbang dengan kebutuhannya.

"Alhamdulillah kita Muarojambi tidak melakukan pinjaman, karena belanja dan pendapatan daerah kita cukup berimbang," kata Azrin saat dikonfirmasi, Jum'at (26/8/21).

Ia juga mengatakan, meskipun jumlah pendapatan dan belanja daerahnya cukup berimbang dan stabil, ia sebagai TAPD meminta kepada seluruh OPD di Kabupaten Muarojambi perlu berhemat dan bisa menyesuaikan pendapatan daerah dengan belanjanya.

Sekali lagi ia menegaskan, yang jelas Kabupaten Muarojambi tidak mengalami defisit seperti daerah yang melakukan peminjaman seperti Kabupaten lainnya.

"Insyaallah kita Kabupaten Muarojambi masih berimbang lah pendapatan dengan belanja, selama ini Muarojambi belum pernah melakukan pinjaman dana dari pihak manapun," ungkapnya.

Ia juga coba menjelaskan, jika suatu pemerintah daerah melakukan pinjaman dari PT SMI, kepala daerah setempat harus bisa melunasi pinjaman itu seiring masa jabatannya berakhir.

Ia menilai, Kabupaten Muarojambi juga tidak mungkin melakukan pinjaman itu, karena sebentar lagi masa jabatan kepala daerah nya Bupati Muarojambi Masnah Busro akan habis.

"Terkait hal itu, kita pemerintah Kabupaten Muarojambi juga pernah melakukan pembahasan dengan pihak legislatif sepakat tidak melakukan peminjaman," tutupnya.

(tribunjambi.com/ Hasbi Sabirin)

Baca juga: Telan Dana Rp 1,6 Miliar, Ini yang Ditemukan Inspektorat dan Kejari Muarojambi di Proyek Jalan TMMD

Baca juga: 10 RT di Kota Jambi Zona Oranye Covid-19, Satgas Gencar Lakukan 3T Selama PPKM

Baca juga: Warga Dusun Rantel Bungo Diserang Gatal-gatal, Diduka Akibat Limbah PETI

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved