Breaking News:

Tips Kesehatan

Pola Makan Bisa Jadi Penyebab Gula Darah Tinggi Bahkan pada Orang Bukan Penderita Diabetes

Kelebihan konsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat meningkatkan kadar gula darah setelah makan karena makanan dipecah menjadi molekul

Editor: Nurlailis
Shutterstock
Pola makan pengaruhi gula darah tinggi 

TRIBUNJAMBI.COM - Diet memainkan peran penting dalam perkembangan gula darah tinggi.

Kelebihan konsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat meningkatkan kadar gula darah setelah makan karena makanan dipecah menjadi molekul glukosa yang masuk ke aliran darah.

Pada orang yang sehat, kehadiran lebih banyak molekul glukosa dalam darah memberi sinyal pada pankreas untuk melepaskan insulin.

Insulin dilepas untuk membantu mengambil glukosa dari darah dan mengangkutnya ke otot dan hati untuk digunakan sebagai energi dan penyimpanan.

Saat gula darah menurun, sinyal ke pankreas untuk melepaskan lebih banyak insulin berhenti, dan kadar gula darah akan kembali ke garis dasar yang stabil.

Ketika kadar gula darah terus meningkat dengan konsumsi gula dan karbohidrat yang berulang dan berlebihan, kelebihan glukosa dalam aliran darah merangsang pankreas untuk melepaskan banyak insulin.

Seiring waktu, tubuh berhenti merespons insulin karena gula darah tinggi kronis, menyebabkan resistensi insulin dan menjaga gula darah tetap tinggi

Mengelola diet sehat dan seimbang dengan protein, lemak, dan makanan kaya serat sambil membatasi gula dan karbohidrat olahan dan olahan dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Konsumsi alkohol berlebih juga dapat memengaruhi gula darah Anda dengan mengganggu kemampuan hati Anda untuk mengatur produksi dan pelepasan glukosa dan berdampak negatif pada respons tubuh Anda terhadap insulin.

Kurangnya aktivitas fisik juga dapat meningkatkan gula darah Anda karena otot rangka adalah bagian utama tubuh yang menggunakan glukosa untuk energi atau menyimpan glukosa ekstra sebagai glikogen.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved