Obat Herbal Alami

Manfaat Teh Kayu Manis untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Ada beberapa mekanisme yang kayu manis dapat membantu menurunkan kadar gula darah, termasuk memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah.

Editor: Nurlailis
Manfaat teh kayu manis 

TRIBUNJAMBI.COM - Kayu manis adalah rempah-rempah populer yang memiliki sifat antidiabetes.

Banyak orang mengonsumsi suplemen kayu manis pekat untuk membantu mengurangi kadar gula darah mereka, tetapi penelitian menunjukkan bahwa menyeruput secangkir teh kayu manis mungkin memiliki manfaat juga.

Sebuah penelitian pada 30 orang dewasa dengan kadar gula darah normal menunjukkan bahwa minum 100 mL teh kayu manis sebelum menelan larutan gula menyebabkan penurunan kadar gula darah, .

Studi terbaru lainnya menunjukkan bahwa mengonsumsi 6 gram suplemen kayu manis setiap hari selama 40 hari secara signifikan menurunkan kadar glukosa sebelum makan pada orang dewasa yang sehat.

Ada beberapa mekanisme yang kayu manis dapat membantu menurunkan kadar gula darah, termasuk memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah, meningkatkan penyerapan glukosa seluler, dan mempromosikan sensitivitas insulin.

Namun, tinjauan tahun 2013 menemukan bahwa meskipun kayu manis dapat secara signifikan bermanfaat bagi kadar gula darah puasa dan kadar lipid, tampaknya tidak efektif untuk mengendalikan gula darah rata-rata atau HbA1C.

Diperlukan lebih banyak penelitian lebih lanjut terhadap manusia untuk penjelasan lebih komprehensif.

Selain teh kayu manis ada beberapa jenis teh lain yang bermanfaat untuk menurunkan gula darah.

Baca juga: Cara Mengatasi Gula Darah Tinggi dan Gula Darah Rendah

Berikut daftar lengkapnya.

1. Teh hijau

Teh hijau menawarkan banyak manfaat kesehatan, beberapa di antaranya sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Misalnya, minum teh hijau dapat membantu mengurangi kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan mengoptimalkan kontrol gula darah.

Beberapa senyawa dalam teh hijau, termasuk epigallocatechin gallate (EGCG), telah terbukti merangsang penyerapan glukosa ke dalam sel otot rangka sehingga mengurangi kadar gula darah.

Sebuah tinjauan dari 17 penelitian yang melibatkan 1.133 orang dengan dan tanpa diabetes menemukan bahwa asupan teh hijau secara signifikan mengurangi kadar gula darah puasa dan hemoglobin A1c (HbA1c), penanda kontrol gula darah jangka panjang.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved