Breaking News:

Status ODF di Batanghari

80 Desa dan Kelurahan di Batanghari Berstatus ODF, Dinas Kesehatan Targetkan 2021 Capai 80 Persen

Berita Batanghari - ODF atau Stop Buang Air Besar Sembarangan sudah 60 persen desa dan kelurahan di Batanghari sudah ODF.

Penulis: A Musawira | Editor: Rahimin
(Tribunjambi/A Musawira)
Kadis Kesehatan Batanghari, dr Elfie Yennie. 80 Desa dan Kelurahan di Batanghari Berstatus ODF, Dinas Kesehatan Targetkan 2021 Capai 80 Persen 

80 Desa dan Kelurahan di Batanghari Berstatus ODF, Dinas Kesehatan Targetkan 2021 Capai 80 Persen

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Dinas Kesehatan Batanghari mencatat jumlah desa dan kelurahan di Kabupaten Batanghari yang berstatus Open Defecation Free (ODF) sudah 80 desa/kelurahan dari total 124 desa dan kelurahan.

ODF atau Stop Buang Air Besar Sembarangan sudah 60 persen desa dan kelurahan di Batanghari sudah ODF.

Selain desa/kelurahan ada beberapa kecamatan yang sudah ODF yakni Kecamatan Bajubang dan ada dua kecamatan lagi yang menyusul akan menjadi kecamatan ODF.

“Kita targetkan tahun ini sudah diatas 80 persen desa dan kelurahan yang akan ODF,” kata dr Elfi Yennie selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, Jumat (30/7/2021).

ODF ini semacam ukuran untuk menyatakan bahwa satu desa itu sudah stop dari kebiasaan buang air besar sembarangan artinya proses sanitasi mereka sudah 100 persen, tidak ada satu keluarga tidak memiliki akses terhadap jamban sehat.

"Untuk mencapai ODF setiap desa dan kelurahan kita sudah ada berkomitmen bersama kepala desa dan lurah. Sementara kita sudah deklasari bahwa kita berusaha melakukan percepatan capaian desa ODF ini,” katanya.

Tahun-tahun sebelumnya pihaknya ada terkendala masalah pendanaan. Rencananya pada 2020 sudah akan bnayak tercapai desa ODF cuma terjadi Covid-19 dan adanya refocusing anggaran, jadi kendala nya ada disitu.

“Namun kita tetap dorong kemandirian masyarakat yang mampu untuk mereka membuat akses jamban sehat bagi warga sekitarnya,” pungkasnya.(tribunjambi/musawira)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved