Breaking News:

Berita Jambi

Pemprov Tetap Gelar Pengibaran Bendera Merah Putih 17 Agustus Meski di Tengah Pandemi Covid-19

Berita Jambi-Meski di tengah pandemi Covid-19, tahun ini upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus mendatang tetap digelar

Penulis: Zulkipli | Editor: Nani Rachmaini
TRIBUNJAMBI/MUZAKKIR
Ilustrasi. Pengibaran bendera pada upacara HUT Kemerdekaan di halaman Kantor Gubernur Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Meski di tengah pandemi Covid-19, tahun ini upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus mendatang tetap digelar Pemprov Jambi. Namun tetap mengikuti protokol kesehatan.

Kasi Kreatifitas Kemitraan dan Penghargaan Pemuda Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi, Devi mengatakan upacara tetap dilakukan seperti biasanya.

Untuk petugas upacara atau Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) telah disiapkan sebanyak 55 orang. Namun yang bertugas untuk mengibar bendera hanya delapan orang.

"Jadi sisanya hanya berbaris dipinggir lapangan, yang mengibarkan tetap pasukan delapan," kata dia, Kamis (29/7/2021).

Dalam pengibaran bendera merah putih tersebut menggunakan pasukan 17 dan pasukan 8. Sementara untuk pasukan 45, Devi menyebutkan tidak digunakan. Pasalnya keterbatasan anggaran, kemudian juga masih adanya Covid-19.

"Kita terkendala pada keterbatasan dana, segingga tahun ini formasi yang kita pakai tak lengkap,"tambahnya.

Devi menyebutkan, saat ini menggunakan Standar Satuan Harga (SSH), sehingga untuk penganggarannya tak bisa dilakukan. Sementara di SSH itu, tidak ada kelengkapan untuk atribut pasukan pengibar bendera.

"Yang jelas saat pelaksanaan upacara hanya delapan orang pengibaran dan delapan orang penurunan," sebutnya.

Untuk petugasnya sendiri itu diambil dari petugas tahun 2020 kemarin, yang hingga kini belum dikukuhkan. Sehingga nantinya sebelum pelaksanaan harus dikukuhkan terlebih dahulu.

Meski demikian, semua anggota paskibra tahun 2020 yang akan mengibarkan bendera kemerdekaan tahun ini, semua akan diikutsertakan untuk latihan bersama.

"Semuanya harus latihan karena mereka belum menjadi purna, sehingga harus latihan," ungkapnya.

Pemprov Jambi juga sudah menerima surat edara dan teknis untuk melaksanakan upacara hari kemerdekaan di tahun ini. Dalam pelaksanaanya harus mengikuti protokol kesehatan.

Meski terdapat beberapa perbedaan dengan tahun lalu, namun tak jauh berbeda dengan sebelumnya. Tahun lalu, hanya ada enam orang pengibar yang dipakai saat upacara peringatan hari kemerdekaan.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved