Breaking News:

Karhutla

Ada Potensi Peningkatan Hotspot di Jambi, BMKG Beri Peringatan Dini

Berita Jambi-BMKG Provinsi Jambi memberi peringatan dini kepada masyarakat Jambi agar waspada pada cuaca

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Nani Rachmaini
Istimewa
Ada Potensi Peningkatan Hotspot di Jambi, BMKG Beri Peringatan Dini 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - BMKG Provinsi Jambi memberi peringatan dini kepada masyarakat Jambi agar waspada pada cuaca yang cenderung kering selama 7 hari ke depan.

Kepala Stasiun BMKG Sultan Thaha Jambi, Ibnu Sulistiyono menyatakan, kondisi ini akan menimbulkan potensi munculnya titik panas (hotspot) di beberapa wilayan Jambi dan meminta masyarakat untuk tingkatkan antisipasi.

"Berdasarkan analisa parameter cuaca, sebagian besar wilayah Provinsi Jambi bagian tengah hingga timur, memiliki tingkat potensi mudah sampai sangat mudah terbakar," ungkap Ibnu pada Senin (26/7/2021).

Ada pun ia sebutkan daerah tersebut antara lain Muaro Jambi, Tanjung Jabung Timur, Batanghari, Tanjung Jabung Barat, Sarolangun, dan Tebo.

Ia menjelaskan bagian mudah terbakar tersebut berada di lapisan atas permukaan tanah yang terdapat humus permukaan, sampah dedaunan kering, alang-alang, dan bahan ringan lainnya.

"biasanya bahan-bahan ini menutupi lantai hutan pada kedalaman 1-2 cm. Kemudian juga dalam tujuh hari ke depan prakiraan cuaca cenderung cerah hingga berawan. Sehingga dapat memicu tejadinya peningkatan hotspot," ungkapnya.

Ditambahkannya, dalam satu minggu ke depan suhu udara di Jambi akan mencapai 33 derajat celcius.

Meski demikian, dirinya mengatakan akan tetap ada spot hujan lokal dengan intensitas ringan di Jambi bagian tengah hingga Timur tadi.

"Untuk Jambi bagian barat peluang masih ada untuk hujan ringan, yakni di sebagian Kerinci, Sungai Penuh, Bungo dan Merangin," pungkasnya. (Tribunjambi.com/Widyoko)

--

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved