Breaking News:

Persoalan Sampah di Tanjab Timur

2022 Mendatang Tanjung Jabung Timur Mendapat Bantuan TPS3R, Untuk Atasi Masalah Sampah

Berita Tanjab Timur - Persoalan sampah masih menjadi polemik di beberapa daerah, termasuk di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Rahimin

2022 Mendatang Tanjung Jabung Timur Mendapat Bantuan TPS3R, Untuk Atasi Masalah Sampah

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Persoalan sampah masih menjadi polemik di beberapa daerah, termasuk di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Pada 2020 mendatang, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur mendapatkan bantuan Tempat Pengolahan Sampah-Reduce Reuse Recycle (TPS3R) dari Kementrian.

Kementerian PUPR memprioritaskan pembangunan Tempat Pengolahan Sampah-Reduce Reuse Recycle (TPS3R) di dua kabupaten di lingkup Provinsi Jambi pada tahun 2022 mendatang. 

Untuk Kabupaten Tanjung Jabung Timur dengan titik lokasi Kelurahan Kampung Laut, Kecamatan Kuala Jambi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tanjab Timur, Gustin Wahyudi melalui Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah P3, Al-Fajri mengatakan, program TPS3R ini merupakan solusi dan alternatif untuk mengatasi permasalahan sampah di daerah yang cukup jauh dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berada di Parit Culum I, Kecamatan Muara Sabak Barat.

"Jadi TPS3R itu bisa mengefektifkan sampah yang akan dibuang ke TPA tidak terlalu banyak. Karena untuk yang diangkut ke TPA hanya sampah residu," katanya.

Untuk pembangunan TPS3R tersebut, ada beberapa syarat yang harus diusulkan kembali oleh Dinas Lingkungan Hidup ke Badan Perencanaan Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Jambi.

Diantaranya, dokumen usulan pembangunan TPS3R, surat minat, surat hibah dan surat pernyataan kabupaten yang menyatakan sanggup mengelola TPS3R.

"Syarat itu sudah kita sampaikan ke BPPW Provinsi Jambi pada Jumat lalu tanggal 16 Juli 2021. Nantinya pengolahannya kami sendiri yakni Dinas Lingkungan Hidup Tanjabtim," jelasnya.

TPS3R ini beda dengan tong sampah, karena ada pengolahan sampah organiknya. Jika pengolahannya benar, maka TPS3R itu tidak akan mengeluarkan bau. Setidaknya meminimalisir efek samping dari tempat sampah.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup Tanjab Timur telah menetapkan 10 desa atau kelurahan sesuai dengan Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota (SSK). Namun dari 10, ada 7 desa atau kelurahan yang menyatakan kesiapannya untuk dibangun TPS3R pada tahun 2023 mendatang.

"Tapi tahun ini kita sudah mendapat balasan dari kementerian, namun hanya di Satu titik lokasi saja yang akan dibangun," pungkasnya. (tribunjambi/abdullah usman)

DLH Tanjab Timur Usulkan Pembangunan TPS3R di Lokasi Pembuangan Sampah Sabak Ilir

BREAKING NEWS Mulai Besok BPKAD Sarolangun Ditutup, 9 Staf Kantor Positif Covid-19

BREAKING NEWS 3 Orang Staf Dinas Dukcapil Kota Jambi Positif Covid-19, Puluhan Staf Menunggu Swab

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved