Breaking News:

Obat Herbal Alami

Segudang Manfaat Kunyit yang Bisa Menurunkan Gula Darah hingga Meradakan Peradangan

Kunyit secara alami adalah anti-inflamasi, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan sendi dan mengatasi masalah pencernaan.

Editor: Nurlailis
pixabay
Manfaat kunyit 

TRIBUNJAMBI.COM - Tanaman kunyit mengandung senyawa yang disebut kurkuminoid, yang diketahui membawa beberapa manfaat yang cukup kuat.

"Senyawa ini telah digunakan untuk tujuan pengobatan selama berabad-abad, untuk membantu segala hal mulai dari gula darah hingga peradangan.

Kunyit secara alami adalah anti-inflamasi, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan sendi dan mengatasi masalah pencernaan, di antara banyak manfaat lainnya," jelas Trista Best, MPH, RD, LD, seorang ahli.

Kurkumin tidak hanya memberi warna keemasan pada kunyit, tetapi juga merupakan bahan aktif yang memberikan banyak manfaat kesehatan.

Senada dengan Best, ahli nutrisi terdaftar Grace Clark-Hibbs, RDN mengatakan, bahwa sifat anti-inflamasi kunyit sangat dipengaruhi oleh kurkumin sebagai antioksidan yang efektif.

"Antioksidan membantu menetralkan radikal bebas berbahaya, yang terbentuk sebagai respons terhadap faktor lingkungan, seperti polusi udara dan radiasi dari matahari,” katanya.

Ia melanjutkan, jika dibiarkan, radikal bebas ini menyebabkan peradangan di seluruh tubuh dan meningkatkan risiko kanker dan penyakit kronis lainnya.

“Sejauh ini, curcumin telah banyak diteliti dan terbukti membantu melindungi terhadap berbagai penyakit kronis termasuk kanker, penyakit Alzheimer, asma, dan diabetes tipe 2,” jelasnya.

Baca juga: Manfaat Kunyit Dapat Menurunkan Tekanan Darah, Bisa Diolah Jadi Jamu atau Air Seduhan

Selain itu kunyit juga bisa mengatasi peradangan.

Peradangan adalah respons pertahanan alami tubuh Anda terhadap infeksi dan cedera, namun hal itu dapat berkontribusi pada banyak masalah kesehatan jika dibiarkan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved