Breaking News:

Home and Garden

Cara Menghadapi Ular Saat Tiba-tiba Muncul di Rumah, Tetap Tenang dan Jangan Membuatnya Bersembunyi

Cara mengusir ular ketika tiba-tiba muncul di rumah. Tetap tenang dan hindari mengganggu ular atau membuatnya bersembunyi.

Editor: Nurlailis
Tribunjambi.com/Ferry Fadly
Cara menyingkirkan ular masuk rumah 

TRIBUNJAMBI.COM - Kemunculan ular di rumah memang membuat kaget.

Saat kaget terkadang ada hal-hal refleks yang dilakukan sehingga bisa membahayakan diri atau si ular.

Memang tidak semua orang memiliki pengetahuan tentang cara menghadapi ular.

Berikut ini bisa jadi panduan cara menghadapi ular ketika tiba-tiba muncul di rumah.

Menyingkirkan ular

Jika kamu menemukan ular di rumah, bertindaklah sesegera mungkin, untuk ular itu sendiri dan agar kamu kembali merasa tenang. Lakukanlah beberapa hal berikut ini:

  • Tetap tenang dan hindari mengganggu ular atau membuatnya bersembunyi.
  • Jika memungkinkan, buka pintu terdekat dengan hati-hati dan gunakan sapu untuk menggiring ular dengan lembut ke luar.
  • Jika kamu tidak dapat menggiring ular, dan ular itu kecil atau melingkar, perlahan-lahan letakkan ember kosong atau keranjang sampah di atasnya, lalu letakkan beban di atasnya untuk menjebak ular sampai pawang yang berpengalaman tiba.
  • Jika tidak memungkinkan melakukan beberapa hal di atas, cobalah untuk mengurungnya di ruangan atau memojokkannya dengan penghalang seperti papan atau kotak, sehingga dia akan mudah ditangkap ketika ahlinya tiba.
  • Jika kamu tahu ada ular di rumah, tetapi kamu tidak dapat menemukannya, pertimbangkan ini, ular menyukai kehangatan dan kegelapan, dan bantal pemanas atau bahkan setumpuk goni atau bahan lain di lantai bawah tanah dapat menarik mereka, yang kemudian dapat dijebak dan ditangani.
  • Jika kamu tidak takut pada ular dan yakin dapat melakukannya tanpa membahayakan ular atau dirimu sendiri dan kamu yakin itu bukan spesies berbisa, kamu dapat mempertimbangkan untuk mengenakan sarung tangan, mengangkat ular dengan lembut, dan memindahkannya dengan hati-hati ke luar rumah, sampai pengendali hewan atua petugas pemadam kebakaran tiba.

Baca juga: Arti Mimpi Bertemu Ular, Bisa Jadi Akan Mendapat Keberuntungan

Mencegah ular kembali masuk

Mencegah ular kembali masuk ke rumah sama sulitnya dengan mencegah masuknyatikus. Dan menjauhkan ular dari pekarangan atau kebun mungkin bukanlah cara yang tepat.

Ular di rumah mungkin masuk ke rumah secara tidak sengaja (misalnya, tersapu oleh air banjir) atau sengaja untuk mencari mangsa atau tempat berlindung.

Mereka bisa terperangkap di dalam dan bisa mati karena kekurangan makanan atau kelembapan jika tidak ditangkap dan dipindahkan.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved