Breaking News:

VIDEO: Provinsi Jambi Kantongi Dana Pendapatan Dana dari APBN Rp 3,4 T di Tahun 2021

Dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di Provinsi Jambi pada semester I 2021, pada sisi penerimaan Provinsi Jambi mendapatkan Rp 3,4 T

Editor: Andreas Eko Prasetyo

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di Provinsi Jambi pada semester I 2021, pada sisi penerimaan Provinsi Jambi mendapatkan Rp 3,4 triliun.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan (Kanwil DPJb) Provinsi Jambi, Supendi, melalui kegiatan Press Release Kinerja Pelaksanaan APBN Semester I 2021 Provinsi Jambi secara virtual, Jumat (16/7/2021).

Turut dihadiri pula secara virtual oleh Kepala KPP Telanaipura, Sri Mulyono, Kepala KPBC Jambi, Ardiyatno dan Kepala KPKNL Jambi Gatot Muharto.

Supendi pun menjelaskan, angka Rp 3,4 triliun tersebut didapat dari pemasukan sektor pajak, bea cukai, dan pemasukan negara bukan pajak (PNBP).

Baca juga: Wako Ahmadi Akui Temukan Sampah yang Telah Mengeras

Baca juga: Preview Nevertheless Episode 5: Na Bi Merindukan Jae Eon yang Menjauh

Baca juga: Polres Tanjabbar Gerakkan Edukasi Membeli Konsumtif Panganan UKM Bantu Perekonomian Masyarakat

"Alhamdulillah untuk penerimaan dari pajak, bea cukai, dan penerimaan bukan pajak, terjadi peningkatan dan melebihi dari target," kata Supendi.

"Penerimaan pada semester I ini, dari sektor pajak kita menerima Rp 2,9 triliun untuk penerimaan bruto dan penerimaan neto sendiri sebesar Rp 2,2 triliun," ungkapnya.

Kemudian ia juga memaparkan penerimaan pada semester I 2021 dari bea cukai sebesar Rp 209,6 miliar. Sedangkan penerimaan berasal dari PNBP sebesar Rp 282,4 miliar.

Di sisi lain, disampaikan oleh Supendi dana APBN yang dialokasikan untuk Provinsi Jambi selama 2021 sebesar Rp 10,4 triliun. Dan pada semester I ini sudah direalisasikan sebesar Rp 4,13 triliun (39,79 persen).

Dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di Provinsi Jambi pada semester I 2021, pada sisi penerimaan Provinsi Jambi mendapatkan Rp 3,4 triliun.
Dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di Provinsi Jambi pada semester I 2021, pada sisi penerimaan Provinsi Jambi mendapatkan Rp 3,4 triliun. (Tribunjambi.com/Monang Widiyoko)

Baca juga: Ferry Irawan Digugat Cerai Anggia Novita, Tnpa Pembahasan Anak dan Harta Gono Gini

Baca juga: Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Polres Merangin Ajak Warga Tanam Padi di Eks Lokasi PETI

Baca juga: Defri Terdakwa Perkara Narkotika Dijatuhi Hukuman Penjara Tujuh Tahun oleh Majelis Hakim PN Jambi

"Belanja ini terdiri dari belanja pegawai 51,8 persen, barang 35,1 persen, modal 32,3 persen, bansos 26,9 persen. Kemudian belanja DAK fisik 14,1 persen, dana desa 46,58 persen, dan dana BOS 67,9 persen," paparnya.

Dari belanja ini memang, Supendi menyatakan ada terjadi penurunan dari DAK Fisik dan Dana Desa sebesar 14,1 persen. Juga terjadi penurunan pada dana BOS sebesar 35,4 persen.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved