Breaking News:

Idul Adha 2021

Untuk Pemotongan Hewan Kurban Hari Raya Idul Adha 2021 di Sarolangun Warga Dilarang Hadir

Berita Sarolangun-Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sarolangun telah mengecek ke peternak ketersediaan sapi jelang hari raya idul Adha

Penulis: Rifani Halim | Editor: Nani Rachmaini
tribunjambi/abdullah usman
Ilustrasi hewan kurban. 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sarolangun telah mengecek ke peternak ketersediaan sapi jelang hari raya idul Adha 1442 Hijriah.

Masturo, kadis peternakan dan perikanan Sarolangun mengaku telah mengecek ke peternak di kecamatan Singkut, dari hasil cek kelokasi peternak sudah menyiapkan 85 ekor sapi.

"Sapi yang siap di jual di pasar ternak di kecamatan Pelawan ada 10 ekor sapi, lalu di peternakan yang berada di Bernai 15 ekor sapi," katanya, Senin (12/7/2021).

Dia mengatakan, dinas peternakan dan perikanan Sarolangun rutin melakukan pengecekan ternak yang siap untuk dikorbankan pada hari raya idul Adha.

"kami rutin untuk melakukan pengecekan hewan ternak. Setelah melakukan pengecekan kita juga melakukan inseminasi buatan, kawin suntik," katanya.

Dalam rangka PPKM darurat saat ini, Masturo mengaku sudah mengirimkan surat maupun Juknis kepada para camat di Kabupaten Sarolangun perihal pemotongan hewan kurban yang akan dilakukan pada hari raya idul Adha.

Selain itu, para camat nantinya akan meneruskan surat, maupun Juknis tersebut untuk diteruskan kepada kepala desa maupun lurah di wilayah masing-masing.

Sementara itu, kadis menjelaskan isi surat yang telah di sebarkan kepada camat tersebut yakni, masyarakat tidak perlu menghadiri pemotongan hewan kurban di lokasi pemotongan hewan.

"Jadi cuma ada petugas penyembelihan hewan dan panitia kurban saja yang berbeda di lokasi penyembelihan. Itu ada di setiap kecamatan pemberlakuannya," jelasnya.

Lanjutnya, dalam waktu dekat pihaknya akan membuat jadwal, pembuatan jadwal tersebut sewaktu hari pemotongan petugas dari dinas peternakan dan perikanan akan turun untuk memonitor lokasi penyembelihan hewan - hewan kurban, guna meminimalisir kerumunan.

Baca juga: Sarolangun Antisipasi Penyembelihan Hewan Kurban Imbau Warga Gunakan Fasilitas Ini

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved