Breaking News:

Kelompok Lekagak Telenggen Kocar-kacir Ditinggal Anggotanya, Begini Kondisi Mimika Papua Sekarang

Sejumlah faksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua pimpinan Lekagak Telenggen gagal masuk wilayah Mimika akibat dihalau TNI-Polri.

Editor: Teguh Suprayitno
Facebook/KOMNAS-TPNPB
Pimpinan KKB Goliath Tabuni (kiri) dan Lekagak Telenggeng 

TRIBUNJAMBI.COM - KKB Papua kelompok Lekagak Telenggen kocar-kacir setelah anggotanya banyak yang menyerah.

Kapolres Mimika, Papua AKBP IGG Era Adhinata menjelaskan situasi wilayah Mimika, Papua terkini.

Menurutnya, situasi Mimika kini sudah lebih aman dan banyak anggota KKB Papua yang menyerah.

Bahkan, sejumlah faksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua pimpinan Lekagak Telenggen gagal masuk wilayah Mimika akibat dihalau TNI-Polri.

AKBP IGG Era Adhinata menyebut sudah banyak anggota KKB Papua di wilayahnya yang menyerah dan memilih kembali ke tengah masyarakat, untuk bersama-sama dengan komponen masyarakat lainnya membangun kehidupan dan masa depan yang lebih menjanjikan.

"Itu sudah banyak, tapi kami tidak bisa menyampaikannya secara terbuka, karena ini berkaitan dengan keamanan diri mereka dan keluarganya," kata AKBP IGG Era Adhinata, dilansir dari Antara.

Ia mengatakan upaya merangkul dan mengajak warga yang sempat bergabung dengan KKB Papua kembali ke pangkuan NKRI menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh komponen bangsa, tidak saja aparat TNI dan Polri, tetapi juga pemerintah daerah.

Menurut Kapolres Mimika, dalam setahun terakhir pergerakan KKB Papua di wilayah Mimika, terutama di Distrik Tembagapura dan sekitarnya semakin berkurang.

Sejumlah faksi KKB Papua pimpinan Lekagak Telenggen yang sebelumnya bergabung dan mendatangi wilayah Distrik Tembagapura pada Februari 2020, sudah kembali ke daerah asal mereka masing-masing.

Kelompok-kelompok itu disebut berasal dari wilayah Ilaga, Intan Jaya, Puncak Jaya, dan Nduga.

Halaman
1234
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved