Breaking News:

Kisah Muara Sabak

KISAH Kejayaan Muara Sabak Sebagai Pusat Perdagangan dan Kampung Halaman Tokoh Berpengaruh di Jambi

Muara Sabak Timur satu dari 11 kecamatan di Tanjung Jabung Timur yang memiliki nilai histori dan kisah kejayaan.

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Rahimin
tribunjambi/abdullah usman
Pelabuhan Muara Sabak, pada era tahun 1970 pinggiran sungai batanghari ini menjadi tempat bersandarnya kapal kapal pedagang dari berbagai daerah, dan bagaikan pasar apung kala itu. 

KISAH Kejayaan Muara Sabak Sebagai Pusat Perdagangan dan Kampung Halaman Tokoh Berpengaruh di Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Muara Sabak Timur satu dari 11 kecamatan di Tanjung Jabung Timur yang memiliki nilai histori dan kisah kejayaan.

Sempat menjadi kawasan perdagangan laut terkenal di era 2000 an hingga kampung halaman tokoh besar Provinsi Jambi

Muara Sabak Timur ( Muara Sabak) merupakan salah satu Kecamatan yang memiliki nilai sejarah tinggi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Selain kaya akan histori kejayaannya juga merupakan kampung halaman salah satu tokoh berpengaruh di Provinsi Jambi

Sebut saja, mendiang keluarga besar Nurdin Hamzah dan Zulkifli Nurdin sempat mendiami kampung Timur Jambi tersebut, di era 1954 atau penghujung akhir sisa sisa masa penjajahan. 

Berdasarkan catatan sejarah, Zulkifli Nurdin dan keluarganya selain menempati sebuah rumah di kawasan Muara Sabak (saat ini menjadi Kelurahan Sabak Ilir).

Lahir di Muara Sabak, bahkan sempat mengenyam masa pendidikan Sekolah Rakyat (SR) kelas 2 tahun 1957 an meski setelah itu beliau pindah sekolah ke Kota Jambi

"Jadi, selain lahir di Muara Sabak, mendiang Zulkifli ini juga sempat sekolah SR di Muara Sabak sebelum akhirnya pindah ke kota Jambi. Tapi saat itu belum pindah semua bapaknya masih di Sabak berdagang kala itu," jelas Datuk Muhammad Raja (78) satu dari tetua yang ada di Muara Sabak.

Sampul duku Di Bawah Dukungan Rakyat, Jejak Langkah Reformasi 5 Tahun Kepemimpinan Zulkifli Nurdin
Sampul duku Di Bawah Dukungan Rakyat, Jejak Langkah Reformasi 5 Tahun Kepemimpinan Zulkifli Nurdin (TRIBUN JAMBI/DEDDY RACHMAWAN)

Datuk Muhammad Raja bilang, kala itu Muara Sabak masih belum masuk Tanjung Jabung Timur ataupun Tanjung Jabung masih tergabung dalam Provinsi Jambi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved