Breaking News:

Jalan Tol Jambi

Progres Pembebasan Lahan Jalan Tol Jambi Sebagian Lokasi di Tanjab Barat Siap Dibayar Ganti Rugi

Berita Jambi-Pembangunan ruas jalan Tol Trans Sumatera yang melintasi wilayah Provinsi Jambi terus dikebut.

Penulis: Zulkipli | Editor: Nani Rachmaini
TRIBUNJAMBI/RULIANTO
Ilustrasi. Pembangunan Jalan Tol di Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pembangunan ruas jalan Tol Trans Sumatera yang melintasi wilayah Provinsi Jambi terus dikebut.

Terkini, progres pembangunan jalan Tol tersebut memasuki tahap pembebasan tanah, baik ruas Jambi - Rengat, maupun ruas Jambi - Tempino - Betung.

Ruas Jambi - Rengat pembebasan lahanya ditarget selesai tahun 2022 dan diharap Tol sudah fungsional pada tahun 2024. Sementara Ruas Jambi - Tempino pembebasan lahanya ditarget selesai tahun 2023.

Untuk ruas Jambi - Rengat yang panjangnya 116 KM, prosgres nya sedikit lebih maju dibanding ruas Jambi Tempino.

Di ruas Jambi - Rengat yang ditangani dua Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), dari Satker Pengaadaan Tanah Jalan Tol Wilayah II Direktorat Jalan Bebas Hambatan Kementrian PUPR, sebagian lahan yang akan dibebaskan telah memasuki tahapan identifikasi, iventarisasi dan pengumuman.

Bahkan ada yang sudah final dalam tahapan pengukuran, penerbitan daftar nominatif harga dan tinggal menunggu pembayaran uang ganti rugi yang direncanakan pada Desember 2021 mendatang.

PPK Jambi - Rengat I menangani pembebasan lahan di wilayah Kecamatan Jambi Luar Kota dan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi serta di desa Selat Kecamatan Pemayung Kabupaten Batanghari.

Nuraini selaku PPK Jambi - Rengat I mengatakan, untuk di Kecamatan Jambi Luar Kota di desa Pijoan progresnya sudah dilakukan Indentifikasi, Inventarisasi saat ini sedang melakukan pengumuman. Namun masih ada beberapa warga yang berkeberatan.

"Tapi itu hanya beberapa orang lah, terkait tanah tumbuh atau luasan. Dan sudah dilaksanakan review ulang panitia di lapangan. Bisa dipastikan ini tidak ada masalah karena bisa dimusyawarahkan," kata Nuraini, Jumat (2/7/2021).

Ini juga terjadi di desa Tan-tan Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi yang sudah dilakukan pengumuman Inden Inven, namun masih ada warga yang keberatan. Sementara empat desa lainya di desa Sekernan progres pembebasan lahan masih dalam proses Indentifikasi Inventarisasi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved