Breaking News:

Berita Batanghari

Perpanjang Masa Berlaku PPKM Skala Mikro, Pemkab Batanghari Optimalkan Posko Desa dan Kelurahan

PPKM berbasis mikro kali ini lebih mengoptimalkan Pos Komando (Posko) Penanganan Covid-19, hal ini sesuai instruksi Mendagri Nomor 14 tahun 2021.

Penulis: A Musawira | Editor: Andreas Eko Prasetyo
Tribunjambi.com/Musawira
dr Elfi Yennie selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari. 

TRIBUNJAMBI.COM,MUARABULIAN - Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro diperpanjang sampai 5 Juli 2021 mendatang.

PPKM berbasis mikro kali ini lebih mengoptimalkan Pos Komando (Posko) Penanganan Covid-19, hal ini sesuai instruksi Mendagri Nomor 14 tahun 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, dr Elfi Yennie mengatakan demikian di Kabupaten Batanghari, PPKM mikro ini selalu pihaknya implementasikan. 

Menurutnya PPKM skala mikro ini sampai ke tingkat RT.

Baca juga: Begini Bentuk Senjata Api Peninggalan Perang Dunia II yang Ditemukan di Jambi

Baca juga: BREAKING NEWS: Kecelakaan Tabrak Lari di Mendalo, Satu Orang Tewas di Tempat

Untuk penerapan di tingkat RT ada zona yang bisa dipakai berdasarkan jumlah pasien dan jumlah rumah yang terkonfirmasi.

Misalnya, zona risiko melihat jumlah rumah dengan kasus konfirmasi 1-5 rumah zona orannye, 1-3 rumah zona kuning dan lebih dari 5 rumah zona merah. 

“Tingkat desa/kelurahan sendiri kita terapkan optimalisasi posko penanganan Covid-19. Semua desa/kelurahan untuk posko PPKM skala mikro semuanya sudah siap,” kata dr Elfi Yennie selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, Rabu (30/6/2021).

Posko ini juga berfungsi sebagai pusat koordinasi dan pengawasan yang bertugas melakukan koordinasi semua anggota satgas di desa/kelurahan dalam hal penerapan prokes, mengawasi bila ada masyarakat melakukan isolasi mandiri dan membantu petugas dalam hal pelacakan kontak.

"Maka kita di batanghari meningkatkan fungsi dari posko di desa/kelurahan itu," ujarnya.

Kendala yang dihadapi Satgas Covid-19 di Kabupaten Batanghari kata dr Elfi adalah membangun koordinasi akan lebih baik, karena masing-masing belum banyak yang mengerti tugas dan fungsinya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved