Berita Kota Jambi

VIDEO Bripda Septian Martua Manurung Anak Petani dan Berdarah Batak Ini Lulusan Terbaik SPN Jambi

Berita Jambi-Dari ratusan Bintara remaja yang dinyatakan lulus dan resmi menjadi anggota Polri tersebut, Bripda Septian Martua Manurung asal Polres..

Penulis: Aryo Tondang | Editor: Nani Rachmaini

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Tepat hari ini, Senin 27 Juni 2021, Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo melantik 216 Bintara remaja angkatan Adhikari Rahandika Wiradharma.

Upacara pelantikan tersebut berlangsung di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jambi.

Ratusan lulusan Bintara remaja berbaris rapi diatas halaman SPN Polda Jambi yang cukup luas, tegak berdiri mengikuti setiap instruksi dari Komandan Upacara.

Tinggi badan yang nyaris sejajar, membuat barisan calon Abdi Negara tampak menyatu, tak hanya itu, nuansa merah lapangan lantai semen, serta terik matahari membuat proses pengucapan Sumpah dan Janji Anggota Polri oleh Bintara, yang dibawakan langsung oleh Kapolda Jambi berjalan hikmat.

Dari ratusan Bintara remaja yang dinyatakan lulus dan resmi menjadi anggota Polri tersebut, Bripda Septian Martua Manurung asal Pengiriman dari Polres Tanjung Jabung Barat dinyatakan sebagai lulusan terbaik dari aspek Akademik, dengan nilai tertinggi 79,34.

Bripda Septian Martua Manurung merupakan anak petani biasa. Ia merupakan anak bungsu dari 4 bersaudara.

Menjadi anggota Polri menjadi cita-cita Septian sejak kecil, ingin mengangkat harkat dan nama baik keluarga, menjadi komitmen Septian untuk lulus menjadi anggota Polri, dan mengabdi pada negara.

Namun, kilas balik proses Septian sebelum dinyatakan lulus dan dilantik tidak mulus, banyak hambatan yang dilaluinya.

Tidak jarang, orang disekelilingnya memandang sebelah mata, dan menganggap cita-citanya untuk lulus menjadi Abdi Negara hanyalah khayalan.

Cibiran tersebut tidak menyurutkan Septian, laki-laki berdarah suku Batak ini justru semakin termotivasi.

"Ah mana mungkin kau bisa lulus menjadi anggota Polisi" kalimat tersebut semakin menyulut semangatnya untuk tekun belajar dan berlatih.

Membuktikan dengan prestasi, menjadi cara Septian untuk memukul orang-orang yang menganggap cita-cita kecilnya tersebut hanyalah cita-cita konyol dan khayalan semata.

Septian sendiri lulus dari Sekolah Menengah Pertama (SMA) pada Tahun 2020, kemudian mengikuti seleksi anggota Polri. Ini merupakan kali pertama dirinya mengikuti seleksi dan dinyatakan lulus.

"Yah, omongan itu membuat saya semakin termotivasi, dan saya akan buktikan bahwa saya bisa menjadi anggota Polri," kata Septian, saat diwawancarai tribun usai mengikuti proses upacara pelantikan, Senin (28/6/2021) pagi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved