Breaking News:

TNB Rumah Harimau Sumatera Terancam Illegal Logging dan Perambahan

Taman Nasional Berbak (TNB) yang memiliki sejuta keindahan dan rumah bagi flora dan fauna endemik terancam kebakaran, Illegal logging dan perambahan.

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Teguh Suprayitno
Foto Ist Dok TNBS Jambi,
Kawasan TNB yang masih asri di wilayah perbatasan Tanjabtim-Sumatra Selatan. 

TNB Rumah Harimau Sumatera Terancam Illegal Logging dan Perambahan

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Taman Nasional Berbak (TNB) yang memiliki sejuta keindahan dan rumah bagi flora dan fauna endemik terancam kebakaran, Illegal logging dan perambahan.

Menurut Kepala Balai TNBS Pratono Puroso kepada tribunjambi.com, pihaknya sudah melakukan upaya pencegahan, penanganan dan penindakan untuk menjaga kelestarian hayati kawasan TNB.

Dijelaskannya pula, dalam pengelolaan Taman Nasional Berbak sendiri itu ada Tiga P. Yaitu Perlindungan, Pengawetan dan Pemanfaatan.

Terkait perlindungan sifatnya luas mulai dari perlindungan kawasan dengan cara preentif (pendekatan masyarakat), Preventif (pengaman, patroli dan Penjagaan) dan Represif (Penindakan) sebagai alternatif terakhir.

Kemudian terkait P yang kedua, pengawetan, dengan cara pendataan satwa flora fauna endemik yang ada di dalam kawasan.

Misalnya harimau sumatera untuk mengetahui jumlah dilakukan monitoring menggunakan kamera trap dan termasuk juga satwa lainnya yang terpantau dalam kamera trap.

Dan P yang terakhir pemanfaatan, dalam pemanfaatan ini bisa melalui pemanfaatan jasa lingkungan berupa objek wisata, dan juga pemanfaatan hutan sebagai penyedia Karbon.

Untuk wisata sendiri pihaknya sudah beberapa kali mengupayakan agar TNB ini menjadi salah satu objek wisata alam yang dapat dikunjungi di Provinsi Jambi.

"Beberapa cara sudah kita lakukan, diantaranya bekerja sama dengan dinas pariwisata Kabupaten dan Provinsi untuk menyiapkan masyarakatnya dan juga sarana prasarana dengan membuat trek di kawasan TNB, sejak tahun 2018 kita sudah coba, " ujarnya

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved