Breaking News:

Berita Jambi

Kebutuhan Hewan Kurban di Provinsi Jambi Diperkirakan Sebanyak 10.000 Ekor Sapi, Kerbau dan Kambing

Dinas tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi akan memantau kebutuhan dan persediaan ternak

Penulis: Zulkipli | Editor: Rahimin
tribunjambi/zulkifli
Dinas terkait akan memantau kebutuhan dan persediaan ternak serta kesehatan hewan yang akan menjadi Hewan Kurban agar sesuai dengan syariat Islam dan bebas dari penyakit 

Kebutuhan Hewan Kurban di Provinsi Jambi Diperkirakan Sebanyak 10.000 Ekor Sapi, Kerbau dan Kambing

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Untuk menghadapi Hari Raya Idul Adha 1442 H/ tahun 2021, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi akan memantau kebutuhan dan persediaan ternak.

Serta juga memantan kesehatan hewan yang akan menjadi hewan kurban agar sesuai dengan syariat Islam dan bebas dari penyakit. Hewan kurban yang dipantau adalah ternak sapi, kerbau dan kambing

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hultikultura dan Peternakan Provinsi Jambi Akhmad Maushul mengatakan, kebutuhan akan hewan kurban pada tahun ini diperkirakan tidak mengalami peningkatan bahkan cenderung menurun daripada tahun- tahun sebelumnya. 

Penurunan tersebut sangat dipengaruhi oleh wabah pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari setahun dan mengakibatkan melemahnya daya beli masyarakat. 

"Penurunan Permintaan akan hewan kurban diperkirakan sebesar 25% dari pada tahun yang lalu," kata Maushul, Jumat (18/6/2021).

Kebutuhan terbesar hewan kurban adalah ternak sapi, selanjutnya kambing dan kerbau.

Pada 2021 kebutuhan Hewan kurban jenis sapi untuk untuk Provinsi Jambi diperkirakan sebanyak 6.275 ekor, sementara untuk kerbau sebanyak 645 ekor dan Kambing sebanyak 3.080 ekor. 

"Stok ternak di pedagang untuk Idul Adha tahun ini diperkirakan cukup. Dua minggu menjelang hari Raya, pedagang mulai mendatangkan ternak dari luar Provinsi," ujarnya.

Kukuhkan 197 Pejabat Pemkab Sarolangun, Cek Endra Singgung Temuan BPK Soal Aset

Tekan Angka Kriminalitas Anak di Batanghari, Dinas Pendidikan Ambil Langkah Edukasi Bagi Anak Didik

Download Lagu DJ Remix 2021, Ada Spesial Video DJ Opus, DJ Nanda Lia, DJ TikTok 2021 Full 24 Jam!

Stok ternak pada saat ini dipedagang diperkirakan akan mencukupi kebutuhan akan hewan kurban. Selain Pedagang besar, pedagang-pedagang kecil juga akan mempersiapkan stock untuk hari raya idul Adha di tambah lagi dengan ternak yang siap jual pada peternak yang ada di Provinsi Jambi. (tribun jambi/zulkipli)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved