Breaking News:

Kisah Militer RI

Gegara Misi Super Rahasia Soeharto, Prajurit Ini Bertaruh Diri Bila Gagal Siap Lepas Kewarganegaraan

Soeharto selain dikenal sebagai Presiden RI kedua yang menjabat sangat lama di Indonesia, juga dikenal sebagai sosok yang misterius.

Kolase Tribun Jabar
Benny Moerdani 

TRIBUNJAMBI.COM - Soeharto selain dikenal sebagai Presiden RI kedua yang menjabat sangat lama di Indonesia, juga dikenal sebagai sosok yang misterius.

Sehingga Presiden Kedua Indonesia untuk kehidupannya selalu jadi sorotan selama puluhan tahun selama memimpin Indonesia sebagai kepala negara.

Pasalnya tak banyak hal-hal yang diketahui dari Soeharto dan masih menjadi rahasia negara dan hingga kini tidak bocor soal dirinya.

Selama 32 tahun menjabat menjadi presiden RI, Soeharto pun pernah beberapa kali melakukan misi super rahasia yang dipercayakan kepada Benny Moerdani.

Presiden Soeharto
Presiden Soeharto (istimewa)

Satu diantara misi super rahasia Soeharto ini merupakan pembelian 32 pesawat tempur bekas A-4E Skyhawk milik Israel pada tahun 1979.

Melansir dari buku berjudul "Benny Moerdani Yang Belum Terungkap", berikut cerita misi super rahasia Soeharto.

Nama sandi dalam misi super rahasia ini adalah Operasi Alpha, diambil dari huruf depan pesawat A-4E Skyhawk yang akan dibeli.

Pembelian pesawat tempur bekas A-4E Skyhawk ini secara diam-diam dilakukan karena Indonesia saat itu tak punya hubungan diplomatik dengan Israel.

Ashadi Tjahjadi dalam bukunya berjudul 'Loyalitas Tanpa Pamrih', menceritakan sosok Benny Moerdani memberikan ancaman kepada para anggota yang ikut dalam misi super rahasia itu.

Benny juga mengancam tidak akan mengakui kewarganegaraan mereka jika misi ini gagal.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved