Buat Terobosan Agar Lulusan SMA Bisa Berwirausaha, Pemprov Jambi Bakal Gandeng Perguruan Tinggi

Dia menuturkan, diharapakan nantinya lulusan SMA ada pilihan kedepan. Seperti tetap ada pilihan Universitas Batanghari yang tetap menyiapkan tempat un

Penulis: Zulkipli | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Zulkipli
Launching Revitalisasi SMAN 5 Menuju Generasi yang Kreatif dan Berdaya Saing Tinggi Selasa (15/6/2021). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Pemerintah Provinsi Jambi membuat terobosan agar lulusan SMA bisa menjadi wirausahawan.

Tahap awal SMAN 5 Kota Jambi sebagai sekolah percontohan (role model) yang nantinya akan diikuti sekolah lain Provinsi Jambi.

Ini perdana di lakukan di Jambi yang didasari atas kenyataan banyak siswa yang tidak memiliki skill setamat dari SMA.

Pj Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni mengatakan, intinya Pemprov Jambi kedepan akan melakukan dukungan kemampuan ini tidak hanya di sekolah kejuruan.

“Tapi sekolah SMA negeri kita akan cetak wirausaha muda untuk mampu menjadi orang yang berdikari, berusaha jadi enterpreuner yang hebat,” ujar Pj Gubernur saat launching Revitalisasi SMAN 5 Menuju Generasi yang Kreatif dan Berdaya Saing Tinggi Selasa (15/6/2021).

Nantinya dalam usaha revitalisasi di bidang pendidikan ini, kata Nunung, akan terjadi perpaduan antara Pemprov Jambi menggandeng pihak lain seperti Perguruan Tinggi yakni Universitas Batanghari.

Dia menuturkan, diharapakan nantinya lulusan SMA ada pilihan kedepan. Seperti tetap ada pilihan Universitas Batanghari yang tetap menyiapkan tempat untuk mereka yang mau melanjutkan pendidikan.

“Selain itu bagi mereka yang tidak bisa melanjutkan karena terkendala anggaran atau dana, maka dia sudah dididik menjadi wiraswastawan,” jelasnya.

Adapun pelatihan atau keterampilan yang disiapkan berupa pelatihan menjadi barista, pelatihan fotografi, pelatihan batik Jambi dan Handcraft, pelatihan film pendek, pelatihan coding dan programmer. Selanjutnya juga ada pelatihan public speaking, pelatihan make up artis, pelatihan tour guide, kreasi masakan Jambi dan pelatihan digital marketing.

Baca juga: Gelar Webinar Kebudayaan, Budsenora HIMMAJEMEN Unja: Agar Masyarakat Lebih Mengenal Budaya Jambi

Baca juga: Penyidik Kejati Jambi Kembali Periksa Pihak Terkait Pembangunan Auditorium UIN STS Jambi

Baca juga: Ini Penjelasan Terjadinya Siang dan Malam, Apa Itu Rotasi Bumi

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved