Breaking News:

Home and Garden

Stres Jadi Penyebab Warna Ikan Cupang Memudar, Berikan Makanan Bergizi Secara Teratur

Cupang tidak sekuat yang dipikirkan beberapa orang. Ikan cupang membutuhkan air yang banyak dan sering dibersihkan agar memiliki kesehatan yang baik.

Editor: Nurlailis
SHUTTERSTOCK/PANPILAI PAIPA
Penyebab warna ikan cupang memudar 

Tribunjambi.com - Ketahui penyebab warna ikan cupang memudar. Satu diantaranya bisa karena stres.

Cupang tidak sekuat yang dipikirkan beberapa orang. Ikan cupang membutuhkan air yang banyak dan sering dibersihkan agar memiliki kesehatan yang baik.

Selain itu, ikan cupang perlu diberikan makan secara teratur dengan makanan bergizi yang sesuai dengan kebutuhannya. Jika tidak melakukan ini, ikan cupang akan mengalami stres dan warnanya memudar.

Ikan cupang terkenal memiliki warna yang cantik dan menarik sehingga banyak orang memeliharannya sebagai hewan peliharaan. Semakin cantik atau pekat warnanya, semakin ikan cupang diminati.

Akan tetapi, seperti dilansir dari Lovetoknow, Minggu (13/6/2021), pemelihara ikan yang cerdas harus mengetahui untuk mewaspadai ikan cupang yang kehilangan warnanya.

Ilustrasi ikan cupang halfmoon.
Ilustrasi ikan cupang halfmoon. (SHUTTERSTOCK/PANPILAI PAIPA)

Misalnya, cupang splendens atau Siamese Fighting Fish dikenal dengan berbagai macam warna, dari putih hingga kuning. Jika mereka memiliki warna kuning pucat atau kusam, itu adalah tanda jelas dari penyakit atau stres.

Ikan cupang yang memiliki warna memudar akan menunjukkan beberapa perubahan di tubuhnya seperti area kemerahan di berbagai bagian tubuh, warna abu-abu kekuning-kuningan pada tubuh, dan area pucat di kepala.

Warna ikan cupang yang memudar disebabkan sejumlah faktor. Nah, berikut ini sederet penyebab warna ikan cupang memudar.

Baca juga: 5 Makanan Agar Warna Ikan Cupang Lebih Cerah

Penyakit kandung kemih renang

Ini adalah penyakit ikan umum yang bisa menyebabkan warna ikan cupang memudar. Kandung kemih renang menyebabkan infeksi bakteri dan penting untuk menambahkan antibiotik.
Jamur

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved