Breaking News:

Berita Kota Jambi

Dua Tahun Tidak Ada Pemberangkatan Daftar Tunggu Calon Jamaah Haji Jambi Menumpuk 80.279 Orang

Saat ini jumlah calon jamaah haji di Provinsi Jambi yang menunggu untuk diberangkatkan sebanyak 80.279 orang.

tribunjambi/darwin sijabat
Ilustrasi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dua tahun tidak ada pemberangkatan calon jamaah haji ke Tanah Suci, daftar tunggu calon jamaah haji di Kanwil Kemenag Provinsi Jambi menunpuk.

Saat ini jumlah calon jamaah haji di Provinsi Jambi yang menunggu untuk diberangkatkan sebanyak 80.279 orang.

Bukan itu saja, waktu tunggu keberangkatan calon jamaah haji menjadi semakin lama yakni mencapai 29 tahun. Bagi calon jamaah yang baru mendaftar haji tahun ini, maka akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada tahun 2050.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jambi Muhammad mengatakan, kuota jamaah yang rencana akan diberangkatkan tahun 2021 ini merupakan calon jamaah yang batal berangkat pada tahun 2020 lalu sebanyak 2.878 orang. Mereka telah melakukan pelunasan BPIH.

Namun tahun ini kembali batal karena pandemi covid-19 masih melanda. Sampai detik akhir persiapan jamaah pihak kerajaan Arab Saudi belum memberikan kuota Jamaah untuk Indonesia.

Dari 2.878 yang telah melakukan pelunasan, kemudian sebanyak 29 orang calon jamaah menarik kembali biaya pelunasan perjalanan haji nya.

"Persiapan kami sebelumnya, kami sudah menerima sebanyak 2.746 paspor jamaah, dan ini akan kami kembalikan melalui Kabupaten/kota," ujarnya.

Begitupun untuk vaksinasi calon Jamaah sudah sebanyak 30 persen calon jamaah haji divaksin yang rencana diberangkatkan tahun ini.

Menurut Muhammad meski waktu tunggu semakin lama, animo masyarakat untuk berangkat ke tanah Suci tetap tinggi. Baik yang sudah mendaftar maupun pendaftar baru. "Buktinya dari 2020 lalu hingga saat ini baru 29 orang calon jamaah yang melakukan penarikan pelunasan BPIH," ujarnya.

Baca juga: VIDEO Isi Pertemuan Cek Endra dan Gubernur Terpilih Al Haris, Ungkap Kisah Masa Lalu

Baca juga: Progres Tol Betung Jambi dan Rengat Jambi Masuk Tahap Negosiasi Harga dan Penetapan Lokasi

Baca juga: Daftar 6 Wisata Kolam Renang di Jambi, Berenang di Akhir Pekan Bersama Keluarga

Penulis: Zulkipli
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved