Breaking News:

Berita Jambi

Pj Gubernur Jambi Harap Lomba Inovasi Daerah Lahirkan Inovator Berkualitas

Pj Gubernur Jambi Dr Hari Nur Cahya Murni M.Si berharap agar ajang kompetisi dapat melahirkan inovator-inovator

Editor: Rahimin
istimewa
Pj Gubernur Jambi saat penutupan Apresiasi dan Penganugrahan pemenang Inovasi Produk Daerah Provinsi Jambi Tahun 2021, di Aula Balitbangda Provinsi Jambi, Rabu (2/6/2021). 

Pj Gubernur Jambi Harap Lomba Inovasi Daerah Lahirkan Inovator Berkualitas

TRIBUNJAMBI.COM - Pj Gubernur Jambi Dr Hari Nur Cahya Murni M.Si berharap agar ajang kompetisi dapat melahirkan inovator-inovator yang dapat menciptakan inovasi yang menjadi solusi dalam meningkatkan perekonomian lokal.

Selain itu ajang lomba ini diharap menjadi media untuk menumbuhkembangkan inovasi di Provinsi Jambi.

Harapan ini disampaikannya saat, penutupan Apresiasi dan Penganugrahan pemenang Inovasi Produk Daerah Provinsi Jambi Tahun 2021, di Aula Balitbangda Provinsi Jambi, Rabu (2/6/2021).

Lomba Inovasi Produk Daerah Tahun ini mengusung tema “Meningkatkan Daya Saing Komoditi Nanas dan Pinang melalui Pendekatan Kreativitas, Inovasi dan Teknologi di Provinsi Jambi.”

Dalam sambutannya Pj. Gubernur mengemukakan, rendahnya nilai tambah komoditi unggulan daerah masih menjadi salah satu kendala dalam pengembangan ekonomi lokal.

Untuk itu, perlu pendekatan kreativitas dan inovasi yang membudaya di tengah masyarakat, sebagai faktor pengungkit (leverage) di tengah pergeseran ekonomi yang berbasis indusri menuju ekonomi berbasis pengetahuan.

Pj Gubernur Jambi Dr Hari Nur Cahya Murni
Pj Gubernur Jambi Dr Hari Nur Cahya Murni (istimewa)

”Inovasi dapat diperoleh melalui discovery (penemuan), invensi (penciptaan, perancangan) maupun pembaharuan suatu produk dengan metode atau cara yang baru. Pada konteksnya, inovasi dapat diartikan sebagai kegiatan penelitian, pengembangan, atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada dalam produk atau proses produksi,” ungkap Pj Gubernur.

Pj. Gubernur juga menjelaskan, pengaplikasian inovasi dapat dibedakan dalam tiga bentuk yaitu inovasi produk, inovasi pelayanan dan inovasi proses.

”Dalam pengaplikasian inovasi dapat dibedakan dalam tiga bentuk pertama inovasi produk (product innovation), kedua inovasi dalam pelayanan (service innovation) dan ketiga inovasi proses (process innovation). Inovasi produk merupakan pemunculan produk baru. Inovasi pelayanan seperti ini adalah cara baru dalam bentuk pelayanan yang diberikan kepada para pelanggan. Sedangkan inovasi proses sebuah cara baru untuk membuat proses dalam menghasilkan produk atau jasa menjadi lebih ekonomis,” jelas Pj Gubernur.

Dikatakan Pj Gubernur, Kehadiran inovasi di Provinsi Jambi telah dinaungi oleh payung hukum, dengan hadirnya Peraturan Daerah Provinsi Jambi Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Inovasi di Daerah. Peraturan Daerah ini mengamanahkan agar inovasi di Provinsi Jambi dapat ditumbuhkembangkan secara masif.

Tidak Terima Menteri Sosial Risma Dimarahi, PDI Perjuangan Cabut Dukungan Terhadap Bupati Alor

Baca juga: Kasus Izin Usaha Tambang Batubara di Jambi, Kejagung Tahan 4 Tersangka Termasuk Mantan Dirut Antam

Baca juga: Kabar Duka: Ayah Mpok Alpa Meninggal Dunia, Respon Iis Dahlia hingga Memes Prameswari Disorot

Di kesempatan ini Pj. Gubernur juga menyampaikan selamat kepada para pemenang Lomba Inovasi Produk Daerah, dengan harapan semoga kegiatan ini dapat menjadi stimulus dalam berkreasi dan berinovasi di kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat di Provinsi Jambi. ”Saya ucapkan selamat kepada para pemenang Lomba Inovasi Produk Daerah, kita mengharapkan kegiatan ini dapat menjadi stimulus dalam berkreasi dan berinovasi di kalangan pelajar dan masyarakat di Provinsi Jamb,” pungkasnya. 

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved