Breaking News:

Tips Kesehatan Gigi

Tips Memilih Sikat Gigi yang Baik dan Saran Menyikat Gigi yang Baik

Menyikat gigi merupakan ritual yang sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut, dan tentu saja dengan memilih sikat gigi yang tepat.

Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Menyikat gigi merupakan ritual yang sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut, dan tentu saja dengan memilih sikat gigi yang tepat.

Banyak nya model sikat gigi yang beredar di pasaran, tidak sedikit juga masyarakat yang menganggap bahwa semua sikat gigi sama dengan bentuk dan bulu sikat yang berbeda

Bahkan ada juga yang berfikir, bulu sikat yang keras merupakan sikat gigi yang baik untuk digunakan atau pun beranggapan bulu sikat yang keras lebih mampu membersihkan gigi ketimbang bulu sikat yang keras.

Namun anggapan tersebut tidaklah benar, sikat gigi yang keras juga tidak baik bagi gigi dan gusi, selain itu bulu sikat yang keras juga dapat menghilangkan kekuatan gigi.

"Banyak sekali orang berfikir semua sikat gigi sama, anggapan seperti ini tidak lah benar, memilih sikat gigi lebjh baik memilih bulu sikat yang soft atau lembut," jelas drg. Sonia Padang (25).

"Kita memiliki gusi yg lunak, jadi pilihlah sikat gigi yang lembut jangan yg keras, karena jika menggunakan ikat yang keras, lama-lama gusi yg bawah semakin kebawah yg atas semakin ke atas dan gigi kehilangan kekuatan nya," tambahnya.

Selain memilih sikat yang tidak sembarangan, cara menyikat gigi juga tidak bisa sembarangan, ada aturan dan cara yang lebih benar dalam menyikat gigi.

"Cara menyikat gigi jangan rata, memutar mengikuti gigi, jadi gigi tetap aman dan gusi tetap sehat," lanjutnya.

Meskipun sudah memilih sikat yang tepat dan mengikuti cara menyikat gigi yang benar, tidak semua kotoran yang ada di dalam mulut lagsung menghilang.

"Memang tidak bisa sepenih nya di bersihkan dengan sikat gigi, memang ada yang perlu di bersihkan dengan dokter gigi yg tidak terjangkau oleh sikat gigi," tutupnya.

Baca juga: Di Masa Pandemi Covid-19 Inilah Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum ke Klinik Gigi

Baca juga: Dua Kali Masuk Rumah Orang Tanpa Busana, Ternyata Ini yang Dicari Pria Ini

Baca juga: Tribun Network Gelar Seminar Nasional Sumatra Travel Destination Summit Diikuti Mentri & 10 Gubernur

Penulis: Ade Setyawati
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved