Breaking News:

Pemkot Jambi

Kota Jambi Sukses 5 Kali Pertahankan Opini WTP

Kota Jambi kembali mendapatkan berkah dari bulan suci Syawal 1442 Hijriah. Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi kembali meraih kebahagiaan dengan

Istimewa
Kota Jambi kembali mendapatkan berkah dari bulan suci Syawal 1442 Hijriah. Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi kembali meraih kebahagiaan dengan diraihnya pengakuan dan apresiasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia, terhadapa akuntabilitas kinerja keuangan Pemerintah Kota Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kota Jambi kembali mendapatkan berkah dari bulan suci Syawal 1442 Hijriah. Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi kembali meraih kebahagiaan dengan diraihnya pengakuan dan apresiasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia, terhadapa akuntabilitas kinerja keuangan Pemerintah Kota Jambi.

Atas capaian tersebut, Kota Jambi kembali meraih penilaian tertinggi dengan diraihnya predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Jambi tahun 2020. Ini merupakan kali kelimanya, secara berturut-turut Kota Jambi sukses mempertahankan opini tertinggi dari auditor independen pemerintah tersebut.

Penyerahan opini WTP bagi Kota Jambi itu dilakukan dalam sebuah acara yang digelar secara virtual melalui video conference (vidcon) pada Kamis siang (27/5). Opini WTP tersebut disampaikan langsung secara virtual oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi Rio Tirta S.E., M.Acc , CSFA. kepada Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME, dengan menunjukkan dokumen LHP melalui share screen zoom, setelah sebelumnya dilakukan penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) LHP oleh masing-masing pihak.

Turut mendampingi Wali Kota Fasha, Ketua DPRD Kota Jambi, Putra Absor Hasibuan, SE, Sekda Kota Jambi Ir. H. Budidaya, M.For.Sc, dan Plt. Inspektur Kota Jambi Drs. H. M. Ridwan, M.Si. dan Plt. Kepala BPKAD Kota Jambi M. Husni, SE

Dimulai sejak tahun 2017 lalu, Pemkot Jambi sukses dalam konsistensinya mempertahankan sebanyak 5 kali berturut-turut supremasi tertinggi dalam penilaian akuntabilitas kinerja keuangan pemerintah dengan meraih opini WTP oleh BPK untuk Pemerintah Kota Jambi atas Laporan Hasil Pemeriksaan LKPD Pemerintah Kota Jambi.

Baca juga: Kisi-kisi Materi Tes CPNS 2021 TIU Bahasa Indonesia Lengkap Link Tryout

Baca juga: Tanjabbar Zona Merah, Dewan Sebut Ini Penyebab Covid-19 Sulit Dikendalikan

Baca juga: Jadwal Lengkap EURO 2020 Tayang RCTI dan Mola TV, Grup F Diisi Jerman, Portugal, Prancis & Hungaria

"Tentunya hal ini sangat membanggakan bagi kota semua, baik jajaran Pemkot Jambi maupun masyarakat Kota Jambi, terlebih kita saat ini merayakan hari jadi Pemerintahan dan hari jadi Kota Jambi. Ini adalah kado terindah bagi masyarakat dan Kota Jambi sendiri," ujar Wali Kota Fasha.

Pemeriksaan BPK RI dilaksanakan dengan mengacu pada akuntabilitas kinerja keuangan yang disajikan pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Pemeriksaan atas Laporan Keuangan dilakukan dengan tujuan untuk memberikan opini (pernyataan pendapat) atas kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan dengan mendasarkan pada kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektifitas Sistem Pengendalian Intern (SPI). Oleh karena itu, dalam melakukan pemeriksaan laporan keuangan Pemkot Jambi, selain memberikan opini atas laporan keuangan, BPK juga melaporkan hasil penilaian terhadap SPI dan hasil pemeriksaan atas kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang dilaksanakan oleh jajaran Pemerintahan Kota Jambi.

"Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan secara cermat ini, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKPD TA 2020 kepada Pemerintah Kota Jambi," ujar Kepala Perwakilan BPK RI Jambi, dalam sambutan virtualnya.

Selain menyampaikan raihan opini untuk Kota Jambi, Kepala BPK Perwakilan Jambi itu juga memberikan catatan-catatan penting untuk dipedomani dalam penyajian laporan keuangan pemerintah dengan standar Akuntansi Pemerintahan (SAKIP), efektifitas sistem pengendalian intern, dan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kepala BPK RI Perwakilan Jambi berharap agar hasil pemeriksaan yang telah disampaikan dapat memberikan dorongan dan motivasi untuk terus memperbaiki pertanggungjawaban pelaksanaan APBD dan secara bersama-sama selalu berusaha dan berkomitmen untuk mendukung penyelenggaraan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel.

Halaman
12
Editor: Andreas Eko Prasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved