Breaking News:

Berita Kota Jambi

Sekolah di SMA/SMK Tak Tertampung, Disdik Harap Masyarakat Juga Mau Daftarkan Anaknya di Swasta

Selain itu kata Bukri, pihaknya sudah melakukan Rakor bersama KPK, Ombudsman, tim Saber pungli dan..

Penulis: Zulkipli | Editor: Nani Rachmaini
Zulkifli
Bukri 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dinas Pendidikan Provinsi Jambi memastikan sekolah SMA/SMK Negeri khusus nya di Kota Jambi tidak bisa menampung semua siswa lulusan SMP/MTS pada penerimaan siswa baru (PPDB) tahun ini. 

Disdik berharap para orang tua siswa juga mempertimbangkan untuk mendaftarkan anaknya di sekolah swasta.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Bukri mengatakan, paling banyak sekolah SMA/SMK Negeri di Kota Jambi hanya bisa menampung sebanyak 60 persen dari total lulusan SMP/MTS. 

Namun tahun ini Disdik Provinsi Jambi telah membangun 17 ruang kelas baru yang diharap bisa meningkatkan daya tampung siswa baru tahun ini.

"Rasanya tidak adil kalau kita hanya memikirkan sekolah-sekolah negeri saja, sementara sekolah swasta akan mati. Jadi kita berharap juga kepada masyarakat yang belum tertampung di sekolah negeri, silahkan masuk di sekolah swasta nanti juga kita akan fikirkan pembiayaan nya bagaimana, apakah melalui beasiswa atau lain-lain," ujar Bukri.

Sementara itu jadwal penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA/SMK tahun ajaran 2021-2022 sendiri akan dilaksanakan tanggal 5-10 Juli 2021.

Ppdb tahun ini sepenuhnya akan dilaksanakan secara online, kecuali di sekolah daerah-daerah tertentu yang tidak mempunyai jaringan internet.

"Tapi yang jelas untuk daerah perkotaan dan kabupaten itu semuanya kita wajibkan online," sebutnya.

Selain itu kata Bukri, pihaknya sudah melakukan Rakor bersama KPK, Ombudsman, tim Saber punglidan lain-lain, di mana pelaksanaan PPDB ini akan diawasi oleh mereka. 

"Oleh karena itu tahun ini memang kita berharap PPDB ini bisa berjalan dengan baik, lancar dan ikut aturan yang ditentukan," jelasanya.

Dikatakan Bukri PPDB tahun ini masih menggunakan sistem zonasi, kepindahan orang tua dan prestasi. Kuota masing-masing jalur sama dengan tahun sebelumnya.

Baca juga: Dihari Pernikahan, Pria ini Akhiri Hidupnya dengan Loncat dari Lantai 7, Ibu Ceritakan Janji Anaknya

Baca juga: Calon Pengantin Tewas Dua Jam Jeleng Menikah di Hotel Peninsula Manado, Keluarga Beri Penjelasan

Baca juga: Dituding Gelapkan Sumbangan untuk Warga Palestina, Taqy Malik Beberkan Faktanya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved