Breaking News:

Facebook, Twitter, WhatsApp & Instagram Terancam Diblokir Kominfo, Diberi Waktu Sampai Desember 2021

Kementerian Komunikasi dan Informatika memberi waktu hingga Desember 2021 pada Facebook, Twitter, WhatsApp, dan Instagram.

Editor: Rahimin
tribunjambi/hendro herlambang
Ilustrasi. Facebook, Twitter, WhatsApp & Instagram Terancam Diblokir Kominfo, Diberi Waktu Sampai Desember 2021 

Facebook, Twitter, WhatsApp, dan Instagram Terancam Diblokir Kominfo, Diberi Waktu Sampai Desember 2021 

TRIBUNJAMBI.COM - Kementerian Komunikasi dan Informasi memberi waktu hingga Desember 2021 pada Facebook, Twitter, WhatsApp, dan Instagram.

Jika batas waktu Desember 2021 itu lewat, Facebook, Twitter, WhatsApp, dan Instagram terancam diblokir Kementerian Kominfo.

Pemblokiran ini karena adanya Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No 5/2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Disebutkan dalam aturan itu, setiap PSE Lingkup Privat di Indonesia seperti Facebook, WhatsApp, dan lain-lain wajib mendaftarkan diri paling lambat enam bulan setelah peraturan menteri tersebut diundangkan.

"Sesuai dengan pembukaan UUD 1945, Negara wajib melindungi segenap tumpah darah Indonesia. Permenkominfo Nomor 5 Tahun 2020 disusun untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari berbagai ancaman di ruang digital," kata Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kominfo Samuel A Pangerapan dalam konferensi pers virtual, Senin (24/5/2021).

"Pemerintah memiliki tugas untuk melakukan perlindungan atas data di ruang digital serta peredaran konten negatif, seperti penyalahgunaan data pribadi, eksploitasi seksual pada anak, hingga radikalisme teroris yang berbasis digital," katanya.

Sebelumnya, PSE Lingkup Privat wajib mendaftar maksimal pada Senin (24/5/2021) dan kini diperpanjang hingga enam bulan ke depan yaitu pada Desember 2021. 

Perubahan ini sesuai dengan Permenkominfo Nomor 10 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Permenkominfo 5/2020.

Dalam Permenkominfo 5/2020, ada tiga kebijakan demi melindungi warga negara di ruang digital, yaitu:

  • Mendaftar PSE Lingkup Privat
  • Moderasi konten dalam sistem elektronik
  • Pemberian akses sistem elektronik dan/atau data elektronik untuk pengawasan dan penegakan hukum pidana
Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved