Breaking News:

Berita Kota Jambi

Sampah di Kota Jambi Pada Libur Lebaran Meningkat 4-5 Persen per Hari

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi, Ardi mengatakan, kondisi sampah pada lebaran kali ini hanya meningkat 4-5 persen.

(Tribunjambi/A Musawira)
Ilustrasi. Satu Minggu Bulan Puasa Ramadan, Volume Sampah di Batanghari Naik 2 Ton Setiap Hari 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Selama libur Lebaran kemarin, sampah di Kota Jambi tidak mengalami peningkatan yang signifikan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi, Ardi mengatakan, kondisi sampah pada lebaran kali ini hanya meningkat 4-5 persen.

"Tidak seperti bulan Ramadan hingga libur lebaran biasanya saat sebelum pandemi Covid-19. Peningkatan kali ini sebesar 4-5 persen saja dari total biasanya sekitar 423 ton per harinya,"  ungkapnya Senin (17/5/2021).

Ia pun menambahkan jenis sampah yang mendominasi pada seminggu terakhir ini adalah sampah rumah tangga seperti sisa-sisa makanan dan plastik. 

"Sampah yang mendominasi seminggu terakhir ini, yakni pada hari-hari menjelang lebaran hingga libur lebaran adalah sampah sisa-sisa makanan dan sampah plastik sejenis kresek kantung belanja," katanya.

Dari jumlah dan jenis sampah tersebut, Ardi menilai aktivitas masyarakat mulai berkurang. Seperti halnya kegiatan kunjung-mengunjungi dan acara lainnya yang dapat mengundang kerumunan.

"Mungkin ini dipengaruhi juga situasi pandemi seperti saat ini, jadi masyarakat tidak ada kunjung mengunjungi satu sama lain. Kemudian juga seperti acara halal bi halal juga kan tidak diperbolehkan. Sehingga sampah tidak terlalu banyak," terangnya.

Sementara itu dirinya mengatakan untuk sampah yang dihasilkan pada jelang lebaran hingga libur lebaran sebelum pandemi Covid-19, dapat meningkat sampai 20-25 persen per harinya.

(Tribunjambi.com/Widyoko)

Baca juga: Pastikan Semua Pegawai Masuk Kerja Hari Pertama, Kajari Muarojambi Laksanakan Apel Pagi

Baca juga: Hasilkan Karya Seni Berkualitas dari Barang Bekas, Tamsil Warga Kota Jambi Dibayar Seikhlasnya

Baca juga: Kembali Bikin Heboh, Pasutri Kaget ketika Lihat Babi Tidur Diatas Kasur Menindih Masker, Pesugihan?

Penulis: Monang Widyoko
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved