Breaking News:

Mendadak Muncul, China Tawarkan Solusi ke Palestina dan Israel, Apa Itu?

Negara China tiba-tiba muncul di tengah konflik antara Israel dan Palestina. Tanpa banyak bicara, China menawarkan solusi

AFP
Ilustrasi-Pemerintah China 

TRIBUNJAMBI.COM - Negara China tiba-tiba muncul di tengah konflik antara Israel dan Palestina.

Tanpa banyak bicara, China menawarkan solusi kepada Israel dan Palestina.

Solusi yang ditawarkan yakni, mengajak kedua pihak yang bertikai untuk menggelar perundingan di wilayah Negeri Tirai Bambu tersebut.

"Kami juga menyambut para negosiator dari kedua belah pihak untuk melakukan dialog secara langsung di China," kata Menteri Luar Negeri China Wang Yi saat memimpin pertemuan Dewan Keamanan PBB yang membahas situasi Palestina-Israel, Minggu (16/5/2021).

China akan bekerja sama lebih mendalam dengan Norwegia, Tunisia, dan anggota DK PBB lainnya dalam mengatasi krisis tersebut.

Setelah debat terbuka di DK-PBB, China, Norwegia, dan Tunisia mengeluarkan pernyataan bersama untuk mendesak penghentian permusuhan di Palestina dan Israel sesegera mungkin.

Ketiga negara tersebut menyatakan sangat prihatin pada situasi di Gaza yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa dari kalangan masyarakat sipil, khususnya anak-anak.

"Kami meminta agar segera disudahi tindak kekerasan, provokasi, penghasutan, perusakan, dan rencana pengusiran. Kami juga prihatin atas kekerasan di Yerusalem Timur, khususnya di sekitar tempat suci, termasuk Masjidil Aqsa, dan mendesak agar status quo bersejarah di situs-situs suci tersebut tetap dihormati," demikian pernyataan bersama ketiga negara anggota DK-PBB itu.

Baca juga: Umair bin Saad, Sahabat Nabi yang Telinganya Dipegang Rasulullah: Telingamu Telah Memenuhi Janji

Iran Dicurigai bantu Palestina

Kelompok perlawanan Palestina di Jalur Gaza mencapai kemajuan signifikan dalam teknologi persenjataan sehingga bisa menyerang Israel jauh lebih ke dalam, mencakup Tel Aviv, Lod, bahkan mendekati Yerusalem.

Halaman
12
Editor: Leonardus Yoga Wijanarko
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved