Breaking News:

Berita Merangin

Ratusan Napi di Lapas Bangko Dapat Remisi di Idul Fitri 1442 H

Sebanyak 240 orang warga Binaan Lapas Klas IIB Bangko diberikan pemotongan masa tahan pada Idul Fitri 1442 hijriah/ tahun 2021.

tribunjambi/darwin sijabat
Sebanyak 240 orang warga Binaan Lapas Klas IIB Bangko diberikan pemotongan masa tahan pada Idul Fitri 1442 hijriah/ tahun 2021. 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Sebanyak 240 orang warga Binaan Lapas Klas IIB Bangko diberikan pemotongan masa tahan pada Idul Fitri 1442 hijriah/ tahun 2021.

Kemenangan di Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah turut dirasakan warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Bangko dengan mendapat remisi atau pemotongan masa tahanan.

Pemberian remisi itu tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor : PAS-526, 529, 524, dan 485.PK.01.05.05 Tahun 2021 tentang Pemberian Remisi Khusus Idul Fitri 1442 H.

Kalapas Bangko melalui Kasi Bjnadikgiatja, Suharman mengatakan bahwa pemberian remisi itu merupakan hak setiap warga binaan yang beragama Islam. 

Syaratnya telah menunjukkan perubahan perilaku dengan berkelakuan baik selama mendapatkan pembinaan. 

Suharman mengatakan resmisi yang diterima masing masing bervariasi, antara 15 hari hingga dua bulan. Diantara mereka tidak ada yang mendapat remisi langsung bebas. 

"Jumlah yang mendapatkan remisi di Lapas Bangko sebanyak 240 orang. Sudah diberikan pada saat Idul Fitri kemarin," ujarnya melalui sambungan telepon, Jumat (14/5/2021).

Dirincikannya, Napi dengan remisi sebanyak 15 hari kepada 56 orang. Penerima remisi 1 bulan sebanyak 158 orang. Kemudian untuk yang 1 bulan 15 hari diberikan kepada 25 warga binaan. Sedangkan untuk yang 2 bulan diberikan kepada satu orang.

Kasi Binadik dan Giatja itu mengungkapkan bahwa seharusnya yang mendapatkan resmisi itu sebanyak 241 orang. 

"Satu orang belum diberikan, karena masih perbaikan Surat Keputusan (SK) pemberian remisinya," ujarnya. 

Dia menegaskan bahwa remisi yang diberikan tersebut secara keseluruhan dari pidana umum dan narkoba.

Suharman berharap remisi tersebut bisa menjadi motivasi bagi Napi agar tetap berkelakuan baik selama menjalani sisa masa hukuman. Jika hal itu dilakukan, pada program pemberian remisi berikutnya akan berkemungkinan untuk diberikan lagi.

"Jika mereka tetap berkelakuan baik dan aktif pada program-program di Lapas, maka akan diusulkan pada remisi berikutnya," tandasnya. (Tribunjambi.com/ Darwin Sijabat)

Baca juga: Download Lagu Spesial DJ Remix, Ada Video DJ Opus, DJ Nanda Lia, DJ Breakbeat & DJ Tiktok Live!

Baca juga: Kasus Covid-19 di Sumatera Meningkat 27,22 Persen, Kapolda Jambi Mohon Warga Tidak Berkunjung

Baca juga: Pertamina Santuni 653 Anak Yatim di Lima Provinsi di Sumbagsel

Penulis: Darwin Sijabat
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved