Breaking News:

Benarkah Swap Test Negatif Tidak Menjamin Bebas dari Virus Corona?

dinyatakan negatif dalam hasil tes swab, ternyata tidak bisa menjamin 100 persen bersih dari virus tersebut. Hal inilah yang kemudian menyebabkan

Ist
Petugas lakukan tes swap 

TRIBUNJAMBI.COM - Tes usap atau yang dikenal dengan swab test, memang menjadi salah satu syarat yang harus dilakukan sebelum bepergian.

Cara yang satu ini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang positif terpapar virus corona atau tidak.

Dalam program Health Corner di Radio Sonora FM, dr. Santi dari Medical Centre Kompas Gramedia menyebutkan bahwa dinyatakan negatif dalam hasil tes swab, ternyata tidak bisa menjamin 100 persen bersih dari virus tersebut.

Baca juga: Bertepatan dengan Idul Fitri 1442 H Inilah Kumpulan Ucapan Kenaikan Isa Almasih Hari Ini 13 Mei 2021

Baca juga: Sempat Cekcok, SPG Susu di Kota Jambi Ditikam Pacar hingga 8 Kali di Depan Mall

Hal inilah yang kemudian menyebabkan beberapa kasus penularan virus corona oleh orang yang dinyatakan negatif pada tes sebelumnya.

“Pemeriksaan antigen bahkan yang dibilang swab PCR pun itu tidak 100 persen bisa mengetahui  dengan pasti seseorang itu bebas. Hasilnya negatif itu tidak memastikan orang tersebut benar-benar tidak menderita Covid-19,” tegas dr. Santi.

Dengan demikian, dr. Santi menegaskan bahwa orang yang dinyatakan negatif dalam tes tersebut pun harus tetap menerapkan 3M dalam aktivitasnya terlebih pada saat bertemu dengan orang lain.

Bahkan, pihaknya juga menyatakan bahwa orang yang sudah divaksin sekalipun masih bisa berpotensi menjadi pembawa virus bagi orang lain.

“Kekebalan kelompoknya belum mencukupi. Herd immunity belum mencukupi, karena jumlah orang yang divaksin masih jauh dari target, jadi sebaiknya kita menggabung menjaga jarak dan menggunakan masker,” sambungnya.

Imbauan ini dinyatakan oleh dr. Santi setelah melihat banyak orang yang memilih salah satu antara menggunakan masker dengan menjaga jarak pada saat bertemu dengan orang lain.

Baca juga: Trik Menjawab Pertanyaan Kapan Nikah saat Kumpul Keluarga Besar Silaturahmi Idul fitri

Artinya, kerap kali terjadi kelompok yang menggunakan masker tetapi duduk atau berdiri berdekatan, ada juga yang sebaliknya, tidak menggunakan masker tetapi merasa aman karena jaraknya berjauhan dari orang lain.

“Begitu dibuka maskernya, pertahanan kedua belah pihak kan menjadi tidak ada. Yang sayanya enggak pakai, lawannya juga tidak pakai. Entah siapa menulari siapa kan enggak jelas,” tegas dr. Santi.

Sumber: Sonora

https://www.sonora.id/read/422693600/hasil-swab-negatif-tak-jamin-bersih-dari-virus-corona-ini-kata-dokter

Editor: Suci Rahayu PK
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved