Breaking News:

Berita Bisnis

Transaksi Gadai di Jambi Meningkat Jelang Lebaran, Dominan Perhiasan Emas

Katanya, saat ini bukan hanya ibu-ibu, pengusaha yang menjadi nasabah Pegadaian namun kaum milenial

Vira Ramadhani
Pegadaian area Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - PT Pegadaian (PERSERO) Area Jambi mencatat mengalami peningkatan transaksi gadai di empat pekan sebelum Ramadhan sebesar 4,11%.

Jumlah peningkatan transaksi gadai tidak hanya terjadi di Jambi melainkan seluruh Pegadaian di Indonesia.

Ahmad Ghozali Marketing and Sales Plan (Asisten Manager II) Pegadaian Area Jambi mengatakan, Sebagian besar transaksi gadai saat ini dilakukan oleh pedagang musiman untuk modal usaha.

“Selain itu juga biasanya diikuti pedagang tetap seperti pedagang sembako yang menggadaikan barangnya ke Pegadaian dengan tujuan memasok modal untuk menambah stok dagangan yang nantinya akan di tebus sepekan sebelum Lebaran,” ujarnya di Kantor Pegadaian Area Jambi, di Jalan Gatot Subroto, Rabu (28/4/2021).

Lanjutnya, Transaksi gadai tahun ini cukup berbeda dibandingkan menjelang lebaran tahun lalu. Angka tebusan relative lebih sedikit dibandingkan dengan tahun 2020.

“Namun, angka investasi Logam Mulia atau Tabungan emas via Pegadaian Digital Service mengalami peningkatan setelah THR dari masing-masing instansi cair,” ucapnya.

Menurut Ahmad saat covid-19 dominan terjadi penurunan pada berbagai bisnis seperti perbankan atau lainnya. Tapi pada pegadaian mengalami peningkatan.

“Dan juga Pegadaian ini trendnya menjelang lebaran memang tinggi apalagi saat ini covid juga. Karena Pegadaian ini membantu measyarakat, banyak masyarakat yang menggadai,”

Untuk barang-barang yang di gadai saat ini lebih banyak masyarakat yang menggadai emas. Selain emas juga ada yang menggadai barang elektronik dan barang khas, seperti batik Jambi atau lainnya.

“Untuk ibu-ibu transaksi gadai masih dominan dengan barang perhiasan emas. Kalau kaum milenial lebih ke gadai barang elektronik, logam mulia dan tabungan emas,” katanya.

Katanya, saat ini bukan hanya ibu-ibu, pengusaha yang menjadi nasabah Pegadaian namun kaum milenial juga banyak melalui produk tabungan emas.

“Saat ini mulai banyak masyarakat yang beralih investasi dari emas fisik seperti emas perhiasan, dan logam mulia ke tabungan emas. Karena bunganya lebih rendah dan lebih aman,” Pungkasnya (Tribunjambi/Vira Ramadhani)

Baca juga: Oknum Anggota Polisi dan Istri Saling Bantah di Persidangan, Soal Kepemilikan Sabu dan Ekstasi

Baca juga: RESPON Anak Sule Usai Nathalie Holscher Kembali Lagi ke Rumah Mewah Sule, Adakah Rasa Benci?

Baca juga: KPHP Temukan Perambahan Hutan Produksi

Penulis: Vira Ramadhani
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved