Breaking News:

EDITORIAL

Editorial - Jangan Lengah

SETELAH sekira dua bulan menurun, jumlah kasus Covid-19 di Provinsi Jambi kembali meningkat. Imbasnya mudik antarkabupaten-kota ditiadakan.

Tribun Jambi
Tribun Jambi Edisi 28 April 2021 

SETELAH sekira dua bulan menurun, jumlah kasus Covid-19 di Provinsi Jambi kembali meningkat. Imbasnya mudik antarkabupaten-kota ditiadakan.

Kebijakan tersebut ditetapkan Pemerintah Provinsi Jambi setelah menggelar rapat koordinasi. Ada enam daerah dalam kondisi zona oranye dan empat zona kuning. Ini yang membuat arus mudik belum memungkinkan.

Tidak berhenti sampai di situ, sebuah kecamatan di Kabupaten Batanghari berstatus zona merah, yaitu Muara Bulian, setelah terjadi lonjakan kasus yang signifikan.

Data Satgas Covid-19 Provinsi Jambi per 26 April 2021, jumlah kasus positif sejak awal ditemukan ada 7.375 orang. Dari jumlah tersebut sembuh 5.967 orang dan meninggal 106 orang. Meski jumlah yang sembuh semakin banyak, namun masih ada 1.302 orang positif. Tentu ini musti menjadi perhatian.

Setelah lebih dari setahun pandemi melanda, vaksinasi berlangsung, namun belum merata. Tak dapat dipungkiri juga ada masyarakat mulai abai terhadap protokol kesehatan. Tak perlu jauh-jauh membuktikan, di jalanan dan tempat perbelanjaan masih banyak orang tak mengenakan masker.

Lantas apa yang harus dilakukan?

Pertanyaan ini sebenarnya sudah kerap terlontar. Hal utamanya, setiap pihak musti tidak lalai prokes, aturan ditegakkan, tanpa pandang bulu perorangan maupun kelembagaan. Di sisi lain, tata distribusi vaksin juga dipercepat, supaya merata ke masyarakat.

Kita tentu tak ingin gelombang Covid-19 edisi kesekian kali melanda. Cukup belajar dari kejadian di India, ribuan orang meninggal per hari setelah penyebaran virus secara massal.

Kesadaran harus dibangun bukan hanya dari diri, secara komunal pun harus dibangun. Jangan sampai daya upaya menekan penyebaran virus ini luluh oleh kelalaian. (*)

Baca juga: Editorial - Kabar Duka KRI Nanggala-402

Baca juga: Editorial - Jangan Menduga-duga

Baca juga: Editorial - Bertambah Lagi

Editor: Edmundus Duanto AS
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved