Breaking News:

Berita Sungaipenuh

Ini Besaran Zakat Fitrah Kota Sungai Penuh 1442 H

Dia berharap, masyarakat yang ingin membayar zakat dapat disalurkan melalui amil zakat fitrah yang ada ditempat...

Zakat Fitrah 

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAIPENUH - Pemerintah Kota (Pemkot) Sungai Penuh , telah menetapkan besaran zakat fitrah 1442 H tahun 2021. Hasil kesepakatan, ditetapkan untuk standar zakat fitrah tertinggi sebesar Rp 38.750 dan zakat terendah Rp 27.500.

Berdasarkan penetapan bersama Pemkot Sungai Penuh, Kemenag dan MUI Sungai Penuh, standar zakat dilakukan dengan memperhatikan harga beras dipasaran. Yakni mulai dari harga beras tertinggi hingga terendah dipasaran. 

Selain itu juga mengacu pada daftar isian harga rata-rata beberapa harga bahan pokok pangan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Sungai Penuh.

"Sesuai standar harga dalam kota Sungai Penuh," kata Kepala Kemenag Kota Sungai Penuh, Hardiman.

Dijelaskannya, bahwa besaran zakat fitrah yang wajib dibayarkan umat muslim di Kota Sungai Penuh sebesar 2,5 kilogram beras atau 3,5 liter beras untuk satu jiwa. Dan dapat diuangkan sesuai harga jenis beras yang biasa dikonsumsi oleh masing masing wajib zakat fitrah. 

Jumlah zakat fitrah tahun ini ada tiga tingkatan, mulai dari beras mutu tertinggi yakni Rp 38.750. Beres jenis mutu sedang Rp Rp 28.250 dan beras mutu rendah Rp 27.500.

Besaran tersebut telah disepakati dan ditandatangani oleh Walikota Sungai Penuh, Ketua MUI Sungai Penuh dan Kepala Kemenag Sungai Penuh dan Ketua Baznas. Melalui surat himbauan bersama ketetapan jumlah pembayaran zakat fitrah 1442 H. 

“Zakat fitrah bisa dibayarkan dalam bentuk beras dengan kualitas minimal sama yang dimakan sehari-hari. Atau uang dengan besaran yang ditetapkan sesuai harga beras berlaku dipasaran,” ujarnya.

Dia berharap, masyarakat yang ingin membayar zakat dapat disalurkan melalui amil zakat fitrah yang ada ditempat masing-masing. Dengan harapan nantinya, semua yang berhak menerima tidak ada yang tidak menerima zakat fitrah. 

“Harapan kita, satu hari sebelum Idhul Fitri sudah selesai dibagikan kepada Mustahiq agar lebih besar manfaatnya,” pungkasnya.(*) 

Baca juga: Barang Kebutuhan Warga Menipis Sejak Lockdown di Desa Pungut Mudik Kerinci, Bayi Butuh Susu

Baca juga: Aturan Pemerintah Kota Jambi Boleh Buka Bersama di Tengah Pandemi dengan Syarat. . .

Baca juga: Pengakuan Tisya Erni Terlanjur Sayang dengan Sule Tapi Malah Nikahi Nathalie Holscher: Sempet Baper

Penulis: Herupitra
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved